Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

 Tim Juri Lomba Evaluasi dan Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 melakukan penilaian di Taman Cerdas Soekarno Hatta saat proses penilaian lomba di Jebres, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Tim Juri Lomba Evaluasi dan Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 melakukan penilaian di Taman Cerdas Soekarno Hatta saat proses penilaian lomba di Jebres, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kelurahan Jebres yang mewakili Kota Solo dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berhasil lolos masuk tiga besar. Kelurahan Jebres akan menghadapi wakil dari Kabupaten Kudus dan Pekalongan.

Tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat provinsi mendatangi Kelurahan Jebres untuk melakukan penilaian dan verifikasi lapangan. Untuk itu, Jebres memamerkan hasil karya UMKM di Taman Cerdas di Kecamatan Jebres, Senin (27/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Lebih dari 15 stand memamerkan hasil karya UMKM dari Kelurahan Jebres. Ditemui Solopos.com, Senin (27/6/2022), Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo menyebut Kelurahan Jebres memang sejak awal ditunjuk sebagai wakil kecamatan untuk bersaing di tingkat kota.

Menurut Ari, salah satu alasan Kelurahan Jebres ditunjuk dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Kota Solo tidak lepas dari adanya potensi dan inovasi. Menurut Ari, sari segi kewilayahan, kemasyarakatan dan pemerintahan lebih unggul dibanding 10 kelurahan di Jebres.

Alhamdulillah lolos dan menjadi tiga terbaik di tingkat provinsi. Ini mendapatkan kunjungan dari juri di tingkat provinsi,” ucapnya. Selain adanya inovasi, keberadaan perguruan tinggi juga menjadi salah satu faktor Jebres menjadi andalan dari Kecamatan Jebres.

Baca Juga: Jebres Wakili Solo Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah

“Awalnya kan kami beri buku profil lalu nanti dari juri datang melihat apakah yang ada di buku benar-benar dilaksanakan atau tidak. Memang ada inovasi yang sempat dijelaskan pak lurah,” terangnya.

Ari melihat potensi di Kelurahan Jebres cukup besar di bidang pendidikan terutama ada Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan ada taman cerdas.

Lurah Jebres, Solo, Lanang Aji Laksito, menjelaskan potensi Kelurahan Jebres akan dinilai secara bergiliran oleh juri lomba desa dan Kelurahan tingkat provinsi. Tetapi untuk mempersingkat waktu dipusatkan di Taman Cerdas Jebres.

Baca Juga: Ini Alasan Jebres Jadi Juara Satu Lomba Kelurahan 2022 Kota Solo

Indikator Penilaian

“Sebenarnya ini bukan disiapkan tetapi berjalan secara rutin, tetapi juri kan punya keterbatasan waktu, jika point to point akan memakan waktu. Jadi diarahkan ke taman, ini sebenarnya sudah setiap hari kegiatan UMKM ini dilakukan di rumah,” ujarnya.

Di taman cerdas itu ada beberapa produk unggulan UMKM yang dipamerkan, salah satunya pembuatan kaki palsu, dapur enak sambel petis, terus abon Jaya Abadi, dan lainnya.

Mengenai indikator penilaian dalam lomba desa dan kelurahan itu, Aji menyebut ada tiga dan akan bersaing dengan tiga kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

“Dibagi tiga indikator, pemerintahan, kewilayahan, dan pengembangan masyarakat. Kami masuk nominasi di tiga besar, kami bersaing dengan wakil Kudus dan Pekalongan,” tutupnya.

Sebelumnya pada lomba kelurahan tingkat Kota Solo, Kelurahan Jebres berhasil mengalahkan wakil dari empat kecamatan lain yakni Kauman (Pasar Kliwon), Kerten (Laweyan), Kratonan (Serengan), dan Setabelan (Banjarsari).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Gerimis Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diusut Polisi, Begini Modus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Hasil penyidikan polisi mengungkap modus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo, yang diawali dengan pembersihan dan perataan lahan.

      Di Solo, Joko Anwar Cerita Sempat Diganggu saat Garap Pengabdi Setan 2

      Sutradara Joko Anwar mengobrol dengan para penggemar film Pengabdi Setan seusai nonton bareng di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Warga Berdesakan demi Nonbar Film Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Solo

      Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar, dan beberapa pemain film tersebut hadir dalam nonbar di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Menikah pada Bulan Sura itu Dilarang? Begini Penjelasan Budayawan Solo

      Budayawan Solo memberikan pandangannya mengenai kepercayaan masyarakat Jawa bahwa menikah di bulan Sura itu tidak baik dan dilarang.

      Begini Langkah Penjual Mi Ayam di Boyolali Siasati Harga Gandum Naik

      Kenaikan harga gandum terus dirasakan para pemilik usaha yang produk olahannya dari gandum.

      Kronologi Wong Sragen Diduga Loncat dari Jembatan ke Kali Bengawan Solo

      Seorang warga Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, SU, 53, dilaporkan hilang setelah diduga loncat dari Jembatan Sapen dan masuk ke aliran Sungai Bengawan Solo pada Minggu (14/8/2022).

      Sudah 70%, Kapan Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo Jadi?

      Progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, yang dimulai sejak 6 Maret 2021 lalu saat ini sudah mencapai 70%, kapan jadi?

      Byur! Peserta Lomba Meniti Bambu di Kalijaran Klaten Tercebur di Sungai

      Warga Dukuh Kalijaran, Desa Bawak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, menggelar lomba ketangkasan meniti batang bambu di tengah sungai di daerah setempat, Minggu (14/8/2022) pagi.

      BOB Latih 8 Kelompok Pembatik di Karanganyar & Sragen, Ini Materinya

      Badan Pelaksana Otorita Borobudur atau BOB menggelar pelatihan desain fesyen dan purwarupa untuk delapan perwakilan kelompok pembatik di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

      Jangan Malu Jadi Petani! Pesan Mendalam Dibalik Balap Traktor di Klaten

      Sebanyak 16 peserta kategori dewasa dan 10 peserta kategori anak-anak mengikuti ajang balap traktor yang digelar di area persawahan wilayah Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (14/8/2022) siang.

      Daerah Klaten Ini Dulu Basis Organisasi Terlarang, Kini Desa Pancasila

      Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten dulunya dikenal menjadi basis organisasi terlarang.

      Konser Padi Reborn di Wonogiri Berlalu, Ini Harapan Warga ke Depan

      Penampilan Padi Reborn menjadi penutup Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Yakin Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Selesai, Rudy: Tuhan Adil Kok!

      Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo optimistis pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah mandek sekitar dua tahun bakal selesai.

      Murka Ada Paspampres Pukul Warga Solo, Gibran Disebut Terlalu Semangat

      Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo memberikan tanggapan mengenai Wali Kota Gibran yang terlihat sangat murka kepada anggota Paspampres yang pukul warga Solo.