SOLOPOS.COM - Tim Juri Lomba Evaluasi dan Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 melakukan penilaian di Taman Cerdas Soekarno Hatta saat proses penilaian lomba di Jebres, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kelurahan Jebres yang mewakili Kota Solo dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berhasil lolos masuk tiga besar. Kelurahan Jebres akan menghadapi wakil dari Kabupaten Kudus dan Pekalongan.

Tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat provinsi mendatangi Kelurahan Jebres untuk melakukan penilaian dan verifikasi lapangan. Untuk itu, Jebres memamerkan hasil karya UMKM di Taman Cerdas di Kecamatan Jebres, Senin (27/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lebih dari 15 stand memamerkan hasil karya UMKM dari Kelurahan Jebres. Ditemui Solopos.com, Senin (27/6/2022), Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo menyebut Kelurahan Jebres memang sejak awal ditunjuk sebagai wakil kecamatan untuk bersaing di tingkat kota.

Menurut Ari, salah satu alasan Kelurahan Jebres ditunjuk dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Kota Solo tidak lepas dari adanya potensi dan inovasi. Menurut Ari, sari segi kewilayahan, kemasyarakatan dan pemerintahan lebih unggul dibanding 10 kelurahan di Jebres.

Alhamdulillah lolos dan menjadi tiga terbaik di tingkat provinsi. Ini mendapatkan kunjungan dari juri di tingkat provinsi,” ucapnya. Selain adanya inovasi, keberadaan perguruan tinggi juga menjadi salah satu faktor Jebres menjadi andalan dari Kecamatan Jebres.

Baca Juga: Jebres Wakili Solo Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah

“Awalnya kan kami beri buku profil lalu nanti dari juri datang melihat apakah yang ada di buku benar-benar dilaksanakan atau tidak. Memang ada inovasi yang sempat dijelaskan pak lurah,” terangnya.

Ari melihat potensi di Kelurahan Jebres cukup besar di bidang pendidikan terutama ada Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan ada taman cerdas.

Lurah Jebres, Solo, Lanang Aji Laksito, menjelaskan potensi Kelurahan Jebres akan dinilai secara bergiliran oleh juri lomba desa dan Kelurahan tingkat provinsi. Tetapi untuk mempersingkat waktu dipusatkan di Taman Cerdas Jebres.

Baca Juga: Ini Alasan Jebres Jadi Juara Satu Lomba Kelurahan 2022 Kota Solo

Indikator Penilaian

“Sebenarnya ini bukan disiapkan tetapi berjalan secara rutin, tetapi juri kan punya keterbatasan waktu, jika point to point akan memakan waktu. Jadi diarahkan ke taman, ini sebenarnya sudah setiap hari kegiatan UMKM ini dilakukan di rumah,” ujarnya.

Di taman cerdas itu ada beberapa produk unggulan UMKM yang dipamerkan, salah satunya pembuatan kaki palsu, dapur enak sambel petis, terus abon Jaya Abadi, dan lainnya.

Mengenai indikator penilaian dalam lomba desa dan kelurahan itu, Aji menyebut ada tiga dan akan bersaing dengan tiga kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

“Dibagi tiga indikator, pemerintahan, kewilayahan, dan pengembangan masyarakat. Kami masuk nominasi di tiga besar, kami bersaing dengan wakil Kudus dan Pekalongan,” tutupnya.

Sebelumnya pada lomba kelurahan tingkat Kota Solo, Kelurahan Jebres berhasil mengalahkan wakil dari empat kecamatan lain yakni Kauman (Pasar Kliwon), Kerten (Laweyan), Kratonan (Serengan), dan Setabelan (Banjarsari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya