SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Espos)--Persentase kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Salatiga tahun ini menurun sekitar tiga persen dibandingkan tahun lalu, menjadi 89,3 persen. Meski demikian, kondisi ini lebih baik dibandingkan persentase kelulusan rata-rata se-Jateng yang hanya 85,99 persen.

Jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna (10) pada mata pelajaran (Mapel) Matematika lebih banyak dibandingkan pada mata pelajaran lain yang diujikan, yakni sebanyak 34 anak. Sementara jumlah siswa yang memperoleh nilai 10 pada Mapel Bahasa Indonesia (2), Bahasa Inggris (4) dan IPA (5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Drs Priyono Soedharto melalui Kabid Pendidikan Dasar, Drs Subroto, jumlah peserta UN SMP/MTs tahun ini sebanyak 3.330 siswa. Yang dinyatakan lulus sebanyak 2.974, yang mengulang 356 siswa.

“Secara nasional dan Jateng, persentase kelulusan menurun. Namun persenstase kelulusan kami masih lebih baik dibandingan provinsi,” tutur Subroto ditemui di kantornya, Kamis (6/5).

Bagi yang tidak lulus pada UN utama akan diikutkan dalam UN ulangan yang akan dihelat pada 17-20 Mei mendatang. Menurut Subroto, menurunnya tingkat kelulusan siswa disebabkan bobot soal yang semakin berat. Nilai rata-rata minimal yang harus diperoleh siswa adalah 5,5.

“Paling banyak yang tidak lulus di pelajaran Bahasa Inggris,” sambung dia.

Hasil UN akan diumumkan oleh masing-masing sekolah pada hari ini (Jumat, 7/6). Disdikpora telah melayangkan surat ke Polres Salatiga perihal permohonan pengamanan pengumuman hasil UN.

kha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya