Tutup Iklan
Ilustrasi pelajar SMP (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SOLO — Pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (https://soloraya.solopos.com/read/20180529/493/919079/20-siswa-smp-klaten-tak-lulus-un">UNBK) 2019 untuk siswa SMP di Solo digelar Selasa (28/5/2019).

Rencananya pengumuman dilaksanakan sore hari, sekitar pukul 16.00 WIB di sekolah masing-masing. Kepala Bidang Sekolah Menengah pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Bambang Wahyono, mengemukakan sesuai Surat Edaran (SE) Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), pengumuman kelulusan dilaksanakan Selasa.

Bambang menjelaskan sekolah akan menggelar rapat pleno kelulusan siswa kemudian menyampaikannya kepada siswa dan orang tua masing-masing. “Nantinya sekolah yang membuat surat keterangan lulus sementara dan juga mengeluarkan nilai [https://soloraya.solopos.com/read/20180528/489/919005/hasil-un-smp-solo-lulus-100">UN], sementara siswa mendaftar di SMA yang dituju,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Minggu (26/5/2019).

Sementara itu, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan saat pengumuman hasil UN, Disdik telah melayangkan SE juga kepada sekolah terkait mekanisme penyampaian hasil UN. “SE sudah kami sampaikan ke sekolah-sekolah. Melalui SE tersebut, siswa diminta tidak merayakan kelulusan mereka secara berlebihan. Tidak hanya itu, Disdik juga akan memberitahukan pihak sekolah agar mengadakan kegiatan yang dilanjutkan buka bersama.”

Pada Selasa nanti semua siswa Kelas IX diminta masuk sekolah pukul 16.00 WIB dengan mengenakan pakaian tradisional. “Sekolah juga harus mengadakan operasi untuk memastikan tidak ada siswa yang membawa cat dan sebagainya yang akan digunakan untuk berpesta pora setelah pengumuman kelulusan,” ujar dia.

Salah satu orang tua murid SMPN 3 Solo, Endah Wahyuning, mengaku sekolah sudah melakukan antisipasi agar semua siswa dan guru mengenakan pakaian adat Jawa. Imbauan tersebut berlaku bagi sekolah negeri maupun swasta. “Saya sudah menerima pesan tersebut. Sekolah mengelar acara pengumuman https://news.solopos.com/read/20160611/496/728084/pengumuman-kelulusan-smp-selamat-100-siswa-smp-di-solo-lulus">kelulusan pukul 16.00 WIB.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten