SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan langsung bantuan korban erupsi Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur. Maksud kedatangannya ke lokasi bencana, juga karena ingin berbagai pengalaman penanganan paska bencana.

Raja Kraton Kraton Ngayogyakarta tersebut berangkat dari Kantor Gubernur, Kepatihan, Rabu (19/2/2014) sekitar pukul 11.00 WIB, dengan menggunakan mobil pribadinya Alpard hitam berpelat AB 10 H. Berada dalam satu mobil dengan Sultan adalah Walikota Jogja Haryadi Suyuti dan Kepala BPBD Gatot Saptadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Bantul Sri Surya Widati juga ikut dalam iring- iringan rombongan gubernur yang dikawal oleh mobil patroli pengawal. Rombongan berangkat empat jam setelah Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX melepas bantuan berupa bahan bangunan, kebutuhan anak-anak dan perempuan, dan makanan saji yang diangkut oleh 14 truk. “Mereka tidak mau terima uang. Mereka minta untuk membantu rumah rumah yang rusak,” ujar Sultan.

Dengan mengantarkan langsung, Sultan mengharapkan terjadi dialog dengan pemerintah daerah setempat dalam penanganan atau rekonstruksi pascabencana. Meski belum bisa membandingkan dengan penanganan bencana Merapi, Sultan melihat ada permasalahan penanganan bencana Kelud.

“Seperti dapur umum, pengungsi sendiri yang masak. Berarti bisa ada yang terlambat waktu mereka makan,” ujar dia.

Sultan bisa berkesimpulan seperti itu, karena dari pengalaman DIY dalam menangani bencana. Tak hanya Merapi, pengalaman dalam penanganan bencana Jogja adalah dari gempa 2006 silam. “Dari pengalaman Jogja kan saya bisa mengatakan itu.”

Bantuan baru akan diserahkan pada Kamis (20/2/2014). Berdasarkan rencana, sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan langsung bertolak kembali ke Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya