SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacker, diduga kelompok hacker menamakan diri Mustang Panda telah mtenyusupi Jaringan internal 10 kementerian dan lumbaga di Indonesia.

Solopos.com, MADIUN — Polisi sempat memberikan uang senilai Rp5 juta kepada pemuda Madiun berinisial MAH yang kini ditetapkan sebagai tersangka kasus peretasan Bjorka. Uang tersebut diberikan sebagai ganti rugi hanphone milik MAH yang dijadikan barang bukti polisi.

Hal itu disampaikan kakak kandung MAH, Novianti, kepada wartawan di rumahnya di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jumat (16/9/2022) sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Novianti menyampaikan uang senilai Rp5 juta itu diberikan polisi kepada MAH. Uang tersebut katanya untuk membeli handphone baru, setelah handphone milik adiknya dijadikan barang bukti.

“Polisi biasanya kan minta barang bukti. Tetapi polisi baik. Adik saya dikasih uang Rp5 juta untuk membeli HP baru. Soalnya HP kan penting digunakan sehari-hari,” jelas dia.

Baca Juga: Ditetapkan Tersangka karena Bantu Hacker Bjorka, Pemuda Madiun Tak Ditahan

Novianti menyampaikan MAH selama ini tidak memiliki perangkat komputer. Setahunya, aktivitas adiknya hanya di warung untuk bermain gim online dan berjualan es.

Hal senada juga disampaikan ayah MAH, Jumanto. Dia mengatakan anaknya hanya mempunyai satu unit handphone.

“Itu biasanya hanya digunakan untuk gim. Di rumah tidak ada komputer,” kata dia.

Dia pun menyangsikan kalau anaknya itu menjadi seorang hacker. Selama ini, kegiatan anaknya hanya ada di rumah, warung bersama temannya, dan bekerja sebagai penjual es.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Pemuda Madiun sebagai Tersangka, Diduga Bantu Hacker Bjorka

Jumanto mengaku bingung atas status hukum anaknya. Pasalnya, pada Jumat pagi MAH sudah dinyatakan bebas oleh polisi. Namun, kini justru ditetapkan sebagai tersangka.

Dia hanya berharap anaknya itu dibebaskan dan kembali ke rumah dengan selamat.

Untuk saat ini, pihaknya belum mengetahui apa yang harus dilakukan setelah MAH ditetapkan sebagai tersangka.

“Saya meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan anak saya,” ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, MAH ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi. MAH dianggap telah membantu hacker Bjorka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya