SOLOPOS.COM - Poster Pemakaman Pasien Covid-19 (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Aksi pembongkaran makam dilakukan pihak keluarga di Sumatra Barat. Hal ini dilakukan setelah menerima hasil swab pasien berinisial BH, 60, dinyatakan negatif Covid-19. Polisi menyatakan pihak keluarga sudah izin sebelum membongkar makam.

“Dari pihak keluarga sudah konfirmasi dahulu ke wali nagari dan polsek. Tujuannya untuk mengecek jenazah di dalam kubur karena posisinya sudah negatif corona juga kan,” kata Kasat Reskrim Polres Pariaman Kota AKP Ardiansyah Rolindo kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sempat Terseret, Begini Kronologi Tabrak Lari Pasutri Pemulung Hingga Keguguran Bayi Kembar di Solo

Makam tersebut berlokasi di Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto, Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Pihak keluarga datang dan membongkar makam pada Senin (28/9/2020) sore.

Rolindo mengatakan pihak keluarga sengaja membongkar makam untuk memastikan kondisi jenazah. Mereka ingin memastikan jenazah sudah ditangani sesuai dengan syariat agama.

Sebut Kecolongan Dangdutan Wakil Ketua DPRD, Wali Kota Tegal Ikut Nyawer…

Namun setelah membongkar makam, keluarga mendapati jenazah BH dalam kondisi telungkup. Ini artinya jenazah tidak mengarah ke kiblat.

“Ternyata setelah dicek, posisinya telungkup. Tidak sesuai dengan ketentuan agama Islam. Jadi mungkin karena terburu-buru, jadi posisi jenazah yang semestinya menghadap kiblat tapi terbalik. Pada saat dicek, posisi jenazah telungkup jadi kan tidak sesuai dengan posisi semestinya. Jadi sekalian dibenarkan,” ujar dia.

Beraksi Selama 6 Bulan, Pemuda Madiun Ini Gelapkan 7 Unit Mobil Milik Temannya

Setelah posisi jenazah dibenarkan, pihak keluarga lalu menutup kembali makam tersebut.

“Hasil swab negatif, pihak keluarga memberanikan untuk membongkar makam. Setelah itu dikebumikan lagi. Jadi mereka berani melakukan juga karena hasil swab sudah keluar. Tidak sampai memindahkan jenazah, hanya membenarkan posisi jenazah lalu dikebumikan kembali,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya