Tutup Iklan
Ilustrasi - Anggota TNI Angkatan Darat mengangkat senjata usai apel pemberangkatan Satgas ke Papua di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (3/3/2019)./ANTARA-Abriawan Abhe

Solopos.com, WAMENA - Dua kendaraan pengangkut logistik milik TNI diserang Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) pimpinan Egianus Kogoya pada Jumat (16/8/2019)sekitar pukul 15.30 WIT di Km 39 jalan Trans Wamena - Habema, Papua.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan dua kendraaan itu ditembaki KSB pimpinan Egianus Kogoya dari dua arah. Menurutnya, dalam kondisi terjepit sekitar 12 personil TNI yang ada di dua kendaraan itu, turun dan membalas tembakan KSB. "Kontak tembak itu berlangsung selama kurang lebih 20 menitan," tuturnya, Sabtu (17/8/2019).

Dia menjelaskan setelah baku tembak terjadi dan TNI menguasai medan tempur, KSB itu langsung melarikan diri. Akibat baku tembak, 2 prajurit TNI mengalami luka tembak atas nama Pratu Panji di bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi pada bagian paha kiri. "Saat ini keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit berasal dari satuan Yonif 751/VJS," katanya.

Dia telah memerintahkan seluruh personel pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan dan mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai jalan pelarian KSB tersebut.

"Situasi di sana sudah kondusif. Namun demikian kita tetap mewaspadai kemungkinan KSB yang memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk melakukan aksi teror baik terhadap aparat keamanan maupun masyarakat," ujar Yosua. 

Kabar terbaru, Pratu Sirwandi yang tertembak pada bagian paha kiri gugur. Pratu Sirwandi sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Wamena tetapi nyawanya tak terselamatkan.

"Pratu Sirwandi mengembuskan napas terakhir pukul 21.35 WIT di ruang ICU Rumah Sakit Umum Wamena pada 17 Agustus 2019," kata Kepala Penerangan Kodam Cendrawasih, Letkol CPL Eko Daryanto, saat dikonfirmasi, dilansir Detik.com, Minggu (18/8/2019).

Jenazah Pratu Sirwandi rencananya akan dibawa ke Jayapura hari ini. Selanjutnya, jenazah akan disemayamkan di Batalyon 751/R sebelum diberangkatkan ke Lombok, NTB.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten