SOLOPOS.COM - Ilustrasi Dropping Air Bersih (JIBI/dok)

Foto Ilustrasi Dropping Air Bersih
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

SEMIN-Menghadapi musim kemarau Mei 2013 mendatang, warga Kecamatan Semin tidak takut ancaman kekeringan. Pasalnya beberapa desa di kecamatan setempat sudah memiliki alat Sistem Penyediaan Air Minum Perdesaan (SPAMDes) yang dikelola warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Semin, Huntoro Purbo Wardoyo mengatakan, sampai saat ini sudah ada tiga SPAMDes yang sudah dibangun dengan memanfaatkan embung. Satu di antaranya baru diresmikan dua hari di Desa Karangsari dengan kapasitas 10 liter per detik yang mampu melayani 10.000 jiwa atau Sambungan Rumah (SR) 800 – 1000 rumah sampai Desa Rejosari dan Pundungsari.

“Namun baru teraliri 430 rumah, sisanya masih dalam proses penyambungan dengan memanfaatkan embung Pakel,” katanya, Rabu (17/4).

SPAMDes yang dikelola oleh warga tersebut, kata Huntoro, menggunakan dana dari pemerintah provinsi dan kabupaten.

Sementara yang mengurus semua hal yang berkaitan dengan sarana prasarana pengolahan air bersih baik soal keanggotaan maupun perawatan, pengoperasian dan sebagainya adalah warga.

Huntoro menambahkan, warga yang sudah teraliri air bersih SPAMDes tetap dikenakan biaya namun biayanya sangat terjangkau yaitu Rp3500 per bulan untuk kebutuhan 11-20 meter kubik, Rp4000 untuk 21-30 meter kubik.

“Biaya bulanan tersebut untuk operasional mesin SPAMDes, karena untuk menyalakan air saja mesin itu butuh 15 solar per jam,” katanya.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul Slamet Supriyadi menyatakan, Pembangunan instalasi pengolahan air bersih SPAMDes digarap oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum.

Kemudian diserahkan kembali pada masyarakat untuk merawat sarana dan prasarana yang sudah siap beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya