SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — PT Waskita Karya sudah memperbaiki pagar jalan tol (guard rail) di wilayah Boyolali yang dicuri kelengkapannya beberapa waktu lalu. Namun, pemasangan kelengkapan itu dihentikan sementara untuk memberikan kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

Engineer Officer PT Waksita Karya, Iswahyudi, mengatakan pekerjaan itu dihentikan sejak Sabtu (25/5/2019). “Sampai saat ini memang sudah tidak ada pekerjaan besar di jalan tol. Hanya pemasangan kelengkapan pagar, itu pun sudah dihentikan sejak 25 Mei lalu. Nanti akan kami lanjutkan lagi setelah Lebaran,” ujarnya, Senin (27/5/2019).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia menjelaskan pemasangan kelengkapan antara lain berupa mur dan baut itu diutamakan untuk pagar di ruas jalan tol untuk memberikan perlindungan kepada pengguna jalan. Sedangkan kelengkapan pagar overpass akan dilakukan berikutnya.

Dai mengatakan pemasangan kelengkapan ini baru dilakukan menjelang musim mudik karena pengadaannya juga baru selesai beberapa waktu lalu. Sebagai informasi, kelengkapan pagar jalan tol dan overpass di jalan bebas hambatan tersebut dicuri orang tak dikenal.

Pencurian diperkirakan berlangsung secara bertahap dan baru diketahui Maret lalu. PT Waskita Karya selaku kontraktor penggarap jalan tol trans Jawa langsung melakukan inventarisasi sekaligus melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Jumlah kelengkapan yang dicuri mencapai ratusan unit dengan nilai ratusan juta rupiah. “Yang dicuri itu paling banyak adalah baut guard rail, tiang penyangga, dan b-post [penghubung guard rail dengan tiang penyangga]. Nilainya bisa ratusan juta rupiah,” ujar Iswahyudi seusai pelaporan ke Mapolres saat itu.

Dia menjelaskan pencurian kelengkapan pagar overpass paling marak terjadi di STA 58-62 atau antara Desa Kiringan dan Desa Mudal, Kecamatan Boyolali. Sedangkan pencurian kelengkapan pagar jalan tol paling banyak terjadi di jalur Solo-Semarang.

Di main road jalan tol ada enam lokasi di area 59-62 atau di lokasi yang hampir sama, kebanyakan di posisi Solo-Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya