SOLOPOS.COM - Siswa di salah satu sekolah dasar (SD) di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), membentangkan kertas bertuliskan harapan Kelas Inspirasi Magetan #3 segera digelar di sekolahnya. (JIBI/Madiunpos.com/Istimewa)

Kelas Inspirasi Magetan kembali hadir untuk kali ketiga. Sukarelawan fasilitator masih membuka pendaftaran untuk sukarelawan pengajar dan dokumenter.

Madiunpos.com, MAGETAN — Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 membutuhkan 78 sukarelawan pengajar dan 13 sukarelawan dokumenter untuk menyasar berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Senin (25/1/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator Sukarelawan Fasilitator Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3, Sri Dwi Ratnasari, mengatakan pendaftaran untuk menjadi sukarelawan pengajar dan dokumenter Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 dibuka sejak Senin (7/12/2015) hingga Senin (11/1/2016). Dia menyampaikan Kelas Inspirasi merupakan gerakan sosial bidang pendidikan yang memberikan kesempatan kepada para profesional untuk mengajar selama sehari di sekolah dasar (SD).

“Sedikitnya 81 orang sudah mengisi formulir pendaftaran sebagai sukarelawan pengajar dan 17 orang menjadi sukarelawan dokumenter Kelas Inspirasi Magetan #3 hingga. Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah, mengingat kami masih membuka pendaftaran sukarelawan pengajar maupun sukarelawan dokumenter selama tiga hari,” kata Ratna saat dimintai informasi Madiunpos.com, Jumat (8/1/2016).

Wajib Lolos Seleksi
Ratna menyampaikan tidak semua pendaftar bakal diterima menjadi sukarelawan pengajar maupun dokumenter Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3. Menurut dia, sukarelawan fasilitator bakal menyeleksi kapasitas para calon sukarelawan pengajar dan dokumenter. Ratna menerangkan, dari 81 orang pendaftar hingga Jumat pagi, hanya 61 orang yang terseleksi atau layak menjadi sukarelawan pengajar. Sedangkan, dari 17 orang, hanya 13 yang pantas menjadi sukatelawan dokumenter.

“Kami membutuhkan enam sukarelawan pengajar dan satu sukarelawan dokumenter untuk mengisi setiap SD. Sedangkan Kelas Inspirasi #3 akan menyasar 13 SD di Kecamatan Poncol, jadi kami membutuhkan 78 sukarelawan pengajar. Namun, kalau memang jumlah sukarelawan pengajar tidak sampai target, kami akan mengatur pembagian siswa di SD,” papar Ratna.

Diberitakan Madiunpos.com sebelumnya, Ratna menyampaikan bagi masyarakat, khususnya para tenaga profesional di berbagai bidang yang berhasrat menjadi sukarelawan pengajar dalam kegiatan Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol, Magetan bisa mengisi biodata di laman https://docs.google.com/forms/d/1_XnqL3F8vR8BqryLBtRYzLsSytVPn9KpFB65akHrX-M/viewform?c=0&w=1. Menurut dia, tugas sukarelawan pengajar menceritakan profesi masing-masing di hadapan para siswa.

Wajib Umbar Motivasi
Ratna menambahkan sukarelawan pengajar Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 dipersilakan mengumbar motivasi kepada para siswa untuk bisa semakin giat belajar dan mempunyai semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mudahnya, lanjut dia, sukarelawan pengajar akan memberikan referensi cita-cita atau profesi mulia yang belum dimengerti atau diketahui para siswa di SD.

“Pelaksanaan Kelas Inspirasi Magetan #3 kali ini memilih zona inspirasi di Kecamatan poncol yang terletak di bagian selatan Kabupaten Magetan, berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah [Jateng], dengan medan jalan pegunungan yang naik turun,” jelas Ratna.

Wajib Disosialisasikan
Disinggung soal sukarelawan dokumenter, Ratna menyampaikan, bertugas untuk mendokumentasikan atau mengabadikan momen pelaksanaan Kelas Inspirasi (KI) Megetan #3. Menurut dia, sukarelawan dokumenter Kelas Inspirasi (KI) Megetan #3 bakal turut serta terjun bersama sukarelawan pengajar di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol. Hasil dokumentasi berupa foto dan video salah satunya digunakan sebagai sarana sosoalisasi di bidang pendidikan.

Ratna mempersilakan bagi masyarakat, khsusunya pengemar fotografi maupun videografi yang berkenan menjadi sukarelawan dokumenter dalam kegiatan Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol, Magetan bisa mengisi biodata di laman https://docs.google.com/forms/d/1NtFFquhmdyMUkgBXJTNi55XfcUPCh_N5QN4u6EuC7Ds/viewform?c=0&w=1. “Pelaksanaan Kelas Inspirasi Magetan #3 didukung sekitar 50 sukartelawan panitia atau fasilitator yang telah melaksanakan briefing di SDN Ringinagung Magetan,” jelas Ratna.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya