SOLOPOS.COM - Siswa di salah satu sekolah dasar (SD) di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), membentangkan kertas bertuliskan harapan Kelas Inspirasi Magetan #3 segera digelar di sekolahnya. (JIBI/Madiunpos.com/Istimewa)

Kelas Inspirasi Magetan segera digelar untuk kali ketiga. Sukarekawan fasilitator mulai membuka pendaftaran untuk sukarelawan pengajar dan dokumenter.

Madiunpos.com, MAGETAN – Kelas Inspirasi (KI) Magetan kembali hadir untuk kali ketiga. Program turunan Indonesia Mengajar tersebut bakal menyasar berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Senin (25/1/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fasilitator Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3, Sri Dwi Ratnasari, mengatakan pendaftaran untuk menjadi sukarelawan pengajar dan dokumenter Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 mulai dibuka, Senin (7/12/2015) hingga Senin (11/1/2016).

Dia menerangkan Kelas Inspirasi merupakan gerakan sosial di bidang pendidikan yang memberikan kesempatan kepada para profesional untuk mengajar selama sehari di sekolah dasar (SD).

“Para sukarelawan pengajar akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah di survei sukarelawan panitia. Mereka [sukarelawan pengajar] akan mengajar selama sehari mulai pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB,” kata Ratna, sapaan akrab Sri Dwi Ratnasari saat dimintai informasi Madiunpos.com melalui sambungan telepon, Senin.

Cerita Profesi
Ratna menyampaikan bagi masyarakat, khsusunya para tenaga profesional di berbagai bidang yang berhasrat menjadi sukarelawan pengajar dalam kegiatan Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol, Magetan bisa mengisi biodata di laman https://docs.google.com/forms/d/1_XnqL3F8vR8BqryLBtRYzLsSytVPn9KpFB65akHrX-M/viewform?c=0&w=1. Menurut dia, tugas sukarelawan pengajar menceritakan profesi masing-masing di hadapan para siswa.

“Mereka bukan mengajar mata pelajaran seperti yang disampaikan guru-guru pada umumnya, namun bercerita tentang profesi masing-masing. Sukarelawan pengajar memberikan pendangan kepada anak-anak mengenai cara-cara yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seperti mereka,” ujar Ratna.

Ratna menambahkan sukarelawan pengajar Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 dipersilakan mengumbar motivasi kepada para siswa untuk bisa semakin giat belajar dan mempunyai semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mudahnya, lanjut dia, sukarelawan pengajar akan memberikan referensi cita-cita atau profesi mulia yang belum dimengerti atau diketahui para siswa di SD.

“Pelaksanaan Kelas Inspirasi Magetan #3 kali ini memilih zona inspirasi di Kecamatan poncol yang terletak di bagian selatan Kabupaten Magetan, berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dengan medan jalan pegunungan yang naik turun,” jelas Ratna.

Video Sosialisasi
Disinggung soal sukarelawan dokumenter, Ratna menyampaikan, bertugas untuk mendokumentasikan atau mengabadikan momen pelaksanaan Kelas Inspirasi (KI) Megetan #3. Menurut dia, sukarelawan dokumenter Kelas Inspirasi (KI) Megetan #3 bakal turut serta terjun bersama sukarelawan pengajar di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol.

Hasil dokumentasi berupa foto dan video salah satunya digunakan sebagai sarana sosialisasi di bidang pendidikan.

Ratna mempersilakan bagi masyarakat, khsusunya pengemar fotografi maupun videografi yang berkenan menjadi sukarelawan dokumenter dalam kegiatan Kelas Inspirasi (KI) Magetan #3 di berbagai sekolah di Kecamatan Poncol, Magetan bisa mengisi biodata di laman https://docs.google.com/forms/d/1NtFFquhmdyMUkgBXJTNi55XfcUPCh_N5QN4u6EuC7Ds/viewform?c=0&w=1. “Pelaksanaan Kelas Inspirasi Magetan #3 didukung sekitar 50 sukartelawan panitia atau fasilitator yang telah melaksanakan brifing di SDN Ringinagung Magetan,” jelas Ratna.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya