SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Dok)

Kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi di DIY. Selain langka, gas juga mahal

Harianjogja.com, JOGJA– Harga gas elpiji isi 3 kg di DIY tembus Rp25.000 per tabung. Selain harga naik signifikan, sejumlah warga mengaku kesulitan mendapatkan gas bersubsidi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asih, warga Timoho Jogja mengaku kesulitan membeli gas 3 kg. Alasannya, di wilayah tersebut sejumlah pengecer mengaku kehabisan stok. Padahal, di wilayah Timoho rata-rata harga untuk satu tabung gas 3 kg dipatok Rp21.000.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya sampai mencari ke desa sebelah di Sorowajan [Banguntapan, Bantul] soalnya stok di sekitar Timoho pada habis. Dapat di Sorowajan harganya Rp25.000 per tabung. Jadi terpaksa membeli juga,” keluh penjual angkringan, Selasa (12/5/2015).

Selain Asih, sejumlah warga lainnya juga mengalami hal yang sama. Suryani, warga Mudal, Sariharjo mengaku kesulitan mendapatkan pasokan gas bersubsidi tersebut dalam beberapa hari terakhir. Padahal, harga rata-rata gas tabung mengalami kenaikan dari Rp19.000 menjadi Rp20.000 per tabung.

Dia menduga, kenaikan harga tersebut akibat keterlambatan distribusi dari agen ke penyalur hingga ke tingkat pengecer. Sebab, kondisi tersebut terjadi dalam sepekan terakhir. “Soalnya beberapa hari ini banyak pengecer yang mengaku kehabisan stok. Mereka tidak kapan gas dikirim lagi,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya