SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg alias gas melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Kelangkaan LPG atau elpiji di Batang dan Pekalongan diatasi Pertamina dengan menyalurkan 8.520 tabung elpiji kemasan tabung kapasitas 3 kg.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kelangkaan liquified petroleum gas (LPG) atau elpiji di wilayah Kabupaten Batang, Pekalongan, dan Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) direspons cepat oleh Pertamina. Perusahaan pelat merah yang bertugas mengelola minyak dan gas bumi itu langsung menyiapkan 8.520 elpiji kemasan tabung isi 3 kg untuk disalurkan ke tiga wilayah di Jateng itu dalam operasi pasar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penjabat sementara (Pjs.) Area Manager Communication and Relations Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT) Muslim Darmawan mengatakan operasi pasar kali pertama digelar Jumat (21/4/2017) di Kabupaten Batang. “Ada empat kecamatan di Kabupaten Batang yang dilaporkan mengalami kelangkaan elpiji 3 kg, yakni Batang, Blado, Tersono, dan Bandar,” beber Muslim dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Senin (24/4/2017).

Muslim menyebutkan operasi pasar ini kali pertama dilakukan di Kecamatan Blado, Jumat pukul 08.00-13.00 WIB. Sekitar 560 tabung elpiji 3 kg disediakan dalam operasi pasar itu dan langsung ludes diborong warga.

Sementara di Tersono, operasi pasar di pukul 09.00-13.00 WIB dengan menyediakan 560 tabung gas elpiji 3 kg. Di lokasi ini, tabung gas elpiji 3 kg yang tersisa hanya sekitar 113 tabung.

“Sementara lokasi ketiga operasi pasar dilakukan di Kecamatan Bandar dan terakhir di Kecamatan Batang dengan menyediakan 560 tabung gas elpiji 3 kg yang tersisa 180 tabung,” imbuh Muslim.

Muslim menambahkan rencananya, pekan depan, Pertamina akan kembali melakukan operasi pasar di Kabupaten Batang. Kali ini, operasi pasar akan dititikberatkan di Kecamatan Bandar dan Blado.

Sementara itu di Kota Pekalongan, operasi pasar dari Pertamina JBT digelar Sabtu (22/4/2017). Ada empat lokasi yang menjadi sasaran Pertamina JBT di Kota Pekalongan, yakni Kecamatan Pekalongan Utara, Pekalongan Barat, Pekalongan Selatan, dan Pekalongan Timur.

Pada hari yang sama, operasi pasar juga digelar di Kabupaten Pekalongan. Di wilayah ini, Pertamina mendistribusikan tabung gas elpiji 3 kg di lima lokasi, yakni Kecamatan Kajen, Sragi, Kesesi, Kedungwuni, Desa Pakisputih, dan Kecamatan Bojong.

“Total ada 8520 tabung gas elpiji 3 kg yang kami salurkan di Batang, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Kami mengimbau masyarakat tidak melakukan panic buying terkait isu kelangkaan elpiji, karena Pertamina akan selalu siap menyuplai kebutuhan elpiji masyarakat,” tandas Muslim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya