SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sapi (Dok/JIBI/Solopos)

kelangkaan daging sapi meresahkan masyarakat Tanah Air.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian akan mengirimkan ternak sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Jakarta. Kebijakan itu diambil guna mengatasi kelangkaan dan kenaikan daging sapi di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Jakarta, Sabtu (15/8/2015), menyatakan kebijakan tersebut diambil sebagai upaya jangka panjang dalam mengatasi persoalan kelangkaan dan kenaikan harga daging.

“Akan ada enam kapal yang disiapkan untuk mengangkut sapi potong dari NTT ke Jakarta,” kata Mentan di sela Pemberian Penghargaan Nasional Bagi Pelaku Pembangunan Pertanian Tahun 2015 di Auditorium Kementerian Pertanian.

Mentan menyatakan kapal pengangkut ternak tersebut memiliki kapasitas muat hingga 500 ekor sekali jalan, dan direncanakan mulai akhir Agustus 2015 sudah mulai berjalan satu armada.

Menanggapi adanya ketentuan ternak dari NTT tidak diizinkan dibawa ke Pulau Jawa, Amran menyatakan pihaknya akan menyusun regulasi untuk memungkinkan hal itu bisa dilakukan.

Sedangkan terkait pelabuhan pendaratan kapal pengangkut ternak dari NTT tersebut, dia tidak menyatakan secara pasti.

Selain itu, Mentan juga menyatakan, untuk meningkatkan populasi ternak sapi ke depan, pihaknya akan meningkatkan gerakan Inseminasi Buatan (IB) dan program gertak birahi bagi sapi betina.

“Tahun ini ditargetkan mampu mencapai 3,8 juta ekor sapi mendapatkan IB,” ucap dia.

Menyinggung kebijakan impor sapi yang akan dilakukan guna mengatasi kelangkaan daging dan kenaikan harganya di pasar dalam negeri, Amran menyatakan, pemerintah memberikan kewenangan kepada dua BUMN yakni Perum Bulog dan PT Berdikari untuk melakukan hal itu.

Sebelumnya ketika melakukan inspeksi ke sejumlah perusahaan penggemukan ternak (Feedloter) mendapati adanya stok sapi yang mencapai 21 ribu ekor di PT Tanjung Unggul Mandiri (PT TUM) di Teluk Naga, Tangerang, Banten serta PT Pasir Tengah di Cikalong, Cianjur, Jawa Barat, yang mencapai 13.000 ekor.

Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat stok sapi di kandang perusahaan penggemukan sapi (feedloter) masih di atas 100.000 ekor. Rata-rata kebutuhan per bulan sebanyak 60.000 ekor di tiga wilayah yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jabar.

Menurut data stok sapi dari Asosiasi Pengusaha Feedlot Indonesia (APFINDO) per 24 Juli 2015 tercatat ada 178.781 ekor sapi siap potong dan sapi bakalan yang ada di 35 perusahaan anggota APFINDO.

“Stok sapi 158.000 tambah 50.000 ekor, cukup 4 bulan. Jabodetabek butuh 40.000 ekor per bulan,” ujar Amran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya