Tutup Iklan

KELANGKAAN BBM : Pertalite Datang, Warga Karimunjawa Padati SPBU

KELANGKAAN BBM : Pertalite Datang, Warga Karimunjawa Padati SPBU

SOLOPOS.COM - Warga Karimunjawa antre membeli BBM jenis Pertalite di SPBU setempat, Minggu (4/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Sekcam Karimunjawa)

Kelangkaan BBM yang dipicu cuaca ekstrem yang menunda keberangkatan kapal ke Karimunjawa berakhir.

Solopos.com, JEPARA — Ratusan warga Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2018), memadati stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) setempat begitu kabar mendengar kabar kedatangan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. Kelangkaan BBM yang dipicu cuaca ekstrem yang menunda keberangkatan kapal ke Karimunjawa pun berakhir.

BBM yang disediakan Pertamina di SPBU Karimunjawa hanya jenis Pertalite. Ketersediaan BBM jenis itu mengakhiri kelangkaan akibat SPBU itu kehabisan stok selama beberapa hari.

[Baca juga Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa]

Menurut Sekretaris Camat Karimunjawa Nor Soleh di Jepara, Minggu, antrean warga yang hendak membeli BBM jenis Pertalite cukup banyak dan terjadi antrean panjang. Hal itu, kata dia, memang dimaklumi karena hampir sepekan satu-satunya SPBU di Karimunjawa kehabisan stok setelah distribusi BBM dari PT Pertamina Semarang terhambat karena cuaca ekstrem membuat perjalanan laut tak memungkinkan.

PT Pertamina, lanjut Soleh, sudah mempersiapkan kapalnya dengan muatan BBM untuk didistribusikan ke Karimunjawa. “Hanya saja, cuaca laut saat itu memang tidak mendukung, sehingga warga Kecamatan Karimunjawa mulai kehabisan stok, meskipun sebagian masih menyimpan stok BBM di tangki kendaraannya masing-masing,” ujarnya.

Pengiriman pasokan BBM dari PT Pertamina Semarang, lanjut dia, tiba di Karimunjawa Sabtu (3/2/2018) sekitar pukul 11.30 WIB. Minggu pukul 09.00 WIB, BBM mulai didistribusikan ke tangki pendam SPBU setempat. Pukul 12.00 WIB mulai dibuka pelayanan untuk BBM jenis Pertalite dengan stok tersedia sebanyak 25 kl.

Sementara itu, stok yang dipasok mencapai 65 kl untuk Pertalite, 45 kl Bio Solar, dan 5 kl Dexlite. Prioritas pelayanan pada pukul 12.00 WIB, katanya, untuk masyarakat umum, sedangkan untuk pengecer dilayani pada malam harinya.

Meskipun antrean cukup panjang, katanya, tidak ada pembatasan pembelian, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat atau lebih. Dalam rangka menciptakan suasana tetap kondusif, kata dia, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Karimunjawa terjun langsung di SPBU Karimunjawa.

“Baik dari Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Polairud, TNI AL hingga kepala desa juga ikut membantu kelancaran dalam antrean pembelian BBM,” ujarnya.

Meskipun mulai tersedia stok BBM, pelayanan antarjemput siswa ke sekolah masih tetap berlangsung sekaligus yang terakhir. Awalnya, layanan antarjemput siswa dijadwalkan berlangsung tiga hari sejak Rabu (31/1/2018) hingga Jumat (2/2/2018), namun karena belum adanya pasokan BBM dari PT Pertamina akhirnya layanan tersebut diperpanjang hingga Minggu (4/2/2018) ini.

Terkait stok kebutuhan pokok masyarakat tersedia cukup, sedangkan aktivitas nelayan juga masih tetap melaut selama pasokan BBM habis dengan mengandalkan stok tersisa. Hanya saja, untuk nelayan yang mencari cumi terpaksa tidak bisa melaut meskipun masih memiliki stok solar, karena untuk menangkap cumi dibutuhkan lampu penerangan yang biasanya menggunakan generator set (genset) yang dioperasikan dengan menggunakan BBM jenis pertalite.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Selebrasi Rasis Striker Austria Marko Arnautovic Berbuah Skors

Striker atau pemain depan Austria Marko Arnautovic diskors satu pertandingan oleh UEFA karena menghina pemain lain melalui selebrasi rasis.