KELANGKAAN BBM : Pertalite Datang, Warga Karimunjawa Padati SPBU

KELANGKAAN BBM : Pertalite Datang, Warga Karimunjawa Padati SPBU

SOLOPOS.COM - Warga Karimunjawa antre membeli BBM jenis Pertalite di SPBU setempat, Minggu (4/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Sekcam Karimunjawa)

Kelangkaan BBM yang dipicu cuaca ekstrem yang menunda keberangkatan kapal ke Karimunjawa berakhir.

Solopos.com, JEPARA — Ratusan warga Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2018), memadati stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) setempat begitu kabar mendengar kabar kedatangan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. Kelangkaan BBM yang dipicu cuaca ekstrem yang menunda keberangkatan kapal ke Karimunjawa pun berakhir.

BBM yang disediakan Pertamina di SPBU Karimunjawa hanya jenis Pertalite. Ketersediaan BBM jenis itu mengakhiri kelangkaan akibat SPBU itu kehabisan stok selama beberapa hari.

[Baca juga Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa]

Menurut Sekretaris Camat Karimunjawa Nor Soleh di Jepara, Minggu, antrean warga yang hendak membeli BBM jenis Pertalite cukup banyak dan terjadi antrean panjang. Hal itu, kata dia, memang dimaklumi karena hampir sepekan satu-satunya SPBU di Karimunjawa kehabisan stok setelah distribusi BBM dari PT Pertamina Semarang terhambat karena cuaca ekstrem membuat perjalanan laut tak memungkinkan.

PT Pertamina, lanjut Soleh, sudah mempersiapkan kapalnya dengan muatan BBM untuk didistribusikan ke Karimunjawa. "Hanya saja, cuaca laut saat itu memang tidak mendukung, sehingga warga Kecamatan Karimunjawa mulai kehabisan stok, meskipun sebagian masih menyimpan stok BBM di tangki kendaraannya masing-masing," ujarnya.

Pengiriman pasokan BBM dari PT Pertamina Semarang, lanjut dia, tiba di Karimunjawa Sabtu (3/2/2018) sekitar pukul 11.30 WIB. Minggu pukul 09.00 WIB, BBM mulai didistribusikan ke tangki pendam SPBU setempat. Pukul 12.00 WIB mulai dibuka pelayanan untuk BBM jenis Pertalite dengan stok tersedia sebanyak 25 kl.

Sementara itu, stok yang dipasok mencapai 65 kl untuk Pertalite, 45 kl Bio Solar, dan 5 kl Dexlite. Prioritas pelayanan pada pukul 12.00 WIB, katanya, untuk masyarakat umum, sedangkan untuk pengecer dilayani pada malam harinya.

Meskipun antrean cukup panjang, katanya, tidak ada pembatasan pembelian, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat atau lebih. Dalam rangka menciptakan suasana tetap kondusif, kata dia, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Karimunjawa terjun langsung di SPBU Karimunjawa.

"Baik dari Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Polairud, TNI AL hingga kepala desa juga ikut membantu kelancaran dalam antrean pembelian BBM," ujarnya.

Meskipun mulai tersedia stok BBM, pelayanan antarjemput siswa ke sekolah masih tetap berlangsung sekaligus yang terakhir. Awalnya, layanan antarjemput siswa dijadwalkan berlangsung tiga hari sejak Rabu (31/1/2018) hingga Jumat (2/2/2018), namun karena belum adanya pasokan BBM dari PT Pertamina akhirnya layanan tersebut diperpanjang hingga Minggu (4/2/2018) ini.

Terkait stok kebutuhan pokok masyarakat tersedia cukup, sedangkan aktivitas nelayan juga masih tetap melaut selama pasokan BBM habis dengan mengandalkan stok tersisa. Hanya saja, untuk nelayan yang mencari cumi terpaksa tidak bisa melaut meskipun masih memiliki stok solar, karena untuk menangkap cumi dibutuhkan lampu penerangan yang biasanya menggunakan generator set (genset) yang dioperasikan dengan menggunakan BBM jenis pertalite.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).