KELANGKAAN BBM : Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa

KELANGKAAN BBM : Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa

SOLOPOS.COM - Ilustrasi persediaan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Karimunjawa segera diatasi Pertamina.

Solopos.com, SEMARANG — Krisis atau kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang melanda Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) selama beberapa pekan akan segera berakhir. PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) akhirnya mengirimkan BBM ke pulau yang terletak di tengah-tengah Laut Jawa itu, Sabtu (3/2/2018) dini hari WIB.

Manajer Komunikasi dan CSR PT Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, menyebutkan pengiriman BBM ke Karimunjawa dilakukan setelah izin berlayar dari Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas turun.

Sebelumnya, KSOP Tanjung Emas melarang kapal pengangkut BBM Pertamina berlayar dengan alasan keamanan menyusul cuaca buruk dan tingginya gelombang laut di perairan Laut Jawa.

"Dengan keluarnya izin dari Syahbandar Tanjung Emas, kami kami langsung mengirimkan 115 kiloliter (kl) BBM yang terdiri dari 65 kl Pertalite, 45 kl Bio Solar, dan 5 kl Dexlite. Kapal berangkat dari Tanjung Emas pada pukul 02.00 WIB atau dini hari tadi," ujar Andar dalam keterang resmi yang diterima Solopos.com, Sabtu pagi.

Andar menyebutkan waktu tempuh kapal pengangkut BBM ke Karimunjawa itu diperkirakan sekitar 18 jam. Hal itu dikarenakan kapal mengutamakan aspek kehati-hatian dan keamanan produk yang dibawa.

Selain BBM, Pertamina juga telah menambah pasokan elpiji ke Karimunjawa. Elpiji subsidi atau 3 kg bahkan sudah berhasil dikirim ke pelabuhan di Jepara, Jumat (2/2/2018) pagi.

"Kemarin jumat sekitar pukul 05.00 WIB, kami telah berhasil mengirimkan elpiji 3 kg ke Karimunjawa dengan menggunakan Kapal Sumber Makmur. Jumlahnya sekitar 1.500 tabung," imbuh Andar.

Andar menyebutkan pengiriman BBM dan elpiji ke Karimunjawa sebenarnya sudah direncanakan sejak 10 Januari 2018. Namun, adanya larangan berlayar bagi kapal-kapal dari pihak Syahbandar membuat rencana itu tertunda.

Akan tetapi, seiring membaiknya kondisi cuaca Pertamina pun akhirnya bisa mengirimkan BBM maupun elpiji ke Karimunjawa. Pengiriman elpiji dilakukan dengan menggunakan Kapal Sumber Makmur berkapasitas 14 GT. Sedangkan, pengiriman BBM dengan menggunakan Kapal Salim.

"Jumlah pengiriman [BBM dan elpiji] itu menurut kami lebih dari cukup daripada biasanya. Biasanya kami hanya mengirim 75 kl ke Karimunjawa. Pengiriman dalam jumlah besar ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya konsumsi masyarakat," beber Andar.

Sementara itu terkait tangki penyimpanan BBM, Pertamina akan mengoptimalkan tangki penimbunan yang ada di SPBU Kompak. Selain itu, Pertamina juga akan memanfaatkan kapal pengangkut BBM sebagai tempat persediaan saat terjadi krisis atau kelangkaan BBM akibat tersendatnya pengiriman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.