Tutup Iklan

KELANGKAAN BBM : Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa

KELANGKAAN BBM : Izin Berlayar Terbit, Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa

SOLOPOS.COM - Ilustrasi persediaan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Karimunjawa segera diatasi Pertamina.

Solopos.com, SEMARANG — Krisis atau kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang melanda Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) selama beberapa pekan akan segera berakhir. PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) akhirnya mengirimkan BBM ke pulau yang terletak di tengah-tengah Laut Jawa itu, Sabtu (3/2/2018) dini hari WIB.

Manajer Komunikasi dan CSR PT Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, menyebutkan pengiriman BBM ke Karimunjawa dilakukan setelah izin berlayar dari Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas turun.

Sebelumnya, KSOP Tanjung Emas melarang kapal pengangkut BBM Pertamina berlayar dengan alasan keamanan menyusul cuaca buruk dan tingginya gelombang laut di perairan Laut Jawa.

“Dengan keluarnya izin dari Syahbandar Tanjung Emas, kami kami langsung mengirimkan 115 kiloliter (kl) BBM yang terdiri dari 65 kl Pertalite, 45 kl Bio Solar, dan 5 kl Dexlite. Kapal berangkat dari Tanjung Emas pada pukul 02.00 WIB atau dini hari tadi,” ujar Andar dalam keterang resmi yang diterima Solopos.com, Sabtu pagi.

Andar menyebutkan waktu tempuh kapal pengangkut BBM ke Karimunjawa itu diperkirakan sekitar 18 jam. Hal itu dikarenakan kapal mengutamakan aspek kehati-hatian dan keamanan produk yang dibawa.

Selain BBM, Pertamina juga telah menambah pasokan elpiji ke Karimunjawa. Elpiji subsidi atau 3 kg bahkan sudah berhasil dikirim ke pelabuhan di Jepara, Jumat (2/2/2018) pagi.

“Kemarin jumat sekitar pukul 05.00 WIB, kami telah berhasil mengirimkan elpiji 3 kg ke Karimunjawa dengan menggunakan Kapal Sumber Makmur. Jumlahnya sekitar 1.500 tabung,” imbuh Andar.

Andar menyebutkan pengiriman BBM dan elpiji ke Karimunjawa sebenarnya sudah direncanakan sejak 10 Januari 2018. Namun, adanya larangan berlayar bagi kapal-kapal dari pihak Syahbandar membuat rencana itu tertunda.

Akan tetapi, seiring membaiknya kondisi cuaca Pertamina pun akhirnya bisa mengirimkan BBM maupun elpiji ke Karimunjawa. Pengiriman elpiji dilakukan dengan menggunakan Kapal Sumber Makmur berkapasitas 14 GT. Sedangkan, pengiriman BBM dengan menggunakan Kapal Salim.

“Jumlah pengiriman [BBM dan elpiji] itu menurut kami lebih dari cukup daripada biasanya. Biasanya kami hanya mengirim 75 kl ke Karimunjawa. Pengiriman dalam jumlah besar ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya konsumsi masyarakat,” beber Andar.

Sementara itu terkait tangki penyimpanan BBM, Pertamina akan mengoptimalkan tangki penimbunan yang ada di SPBU Kompak. Selain itu, Pertamina juga akan memanfaatkan kapal pengangkut BBM sebagai tempat persediaan saat terjadi krisis atau kelangkaan BBM akibat tersendatnya pengiriman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.