KELANGKAAN BBM : Begini Dampak Krisis BBM bagi Warga Karimunjawa

KELANGKAAN BBM : Begini Dampak Krisis BBM bagi Warga Karimunjawa

SOLOPOS.COM - Ilustrasi persediaan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) melanda Karimunjawa, Jepara.

Solopos.com, KARIMUNJAWA – Sudah lebih dari dua pekan kawasan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) mengalami kelangkaan bahan bakar minyak (BBM). Kondisi itu pun membuat aktivitas warga di pulau yang kerap dijuluki Paradise of Java menjadi terganggu.

Sekretaris Kecamatan Karimunjawa, Nur Soleh Prasetyawan, mengatakan kelangkaan BBM tak hanya mengganggu aktivitas warga. Krisis BBM juga berdampak pada kunjungan wisatawan ke pulau yang terletak di tengah-tengah Laut Jawa tersebut.

“Kalau dulu, saat kondisi normal, kunjungan wisatawan ke Karimunjawa bisa mencapai 1.000 orang per pekan. Kini, tinggal 5%-nya. Penurunan jumlah wisatawan, selain karena kelangkaan BBM juga cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini,” tutur Soleh saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis (1/2/2018).

Soleh mengatakan sampai saat ini Karimunjawa belum mendapat kiriman BBM dari Pertamina. Kali terakhir, BBM diperoleh masyarakat Karimunjawa adalah pada pertengahan Desember 2017.

Kondisi itu pun membuat ketersediaan BBM baik di tingkat pengecer maupun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kosong.

“Di sini [Karimunjawa] cuma ada satu SPBU, yakni SPBU AMS. Itu pun sudah tutup sejak beberapa pekan lalu dan tidak melayani pelanggan karena sudah tidak memiliki stok BBM,” tutur Soleh.

Dengan kelangkaan BBM itu pun masyarakat Karimunjawa menjadi sulit beraktivitas. Tidak hanya anak-anak sekolah, para aparatur sipil negara (ASN) pun harus berjalan kaki maupun menggunakan sepeda untuk mencapai lokasi tujuan.

“Jumlah kendaraan yang melintas di jalanan saat ini jumlahnya juga sangat sedikit. Mungkin terdampak kelangkaan BBM,” beber Soleh.

Soleh menambahkan kelangkaan BBM tidak hanya mengganggu aktivitas masyarakat di daratan. Krisis BBM juga memberikan dampak bagi para nelayan yang mencari mata pencarian di laut.

“Terutama untuk nelayan penangkap cumi. Mereka sekarang tidak bisa melaut karena habisnya stok BBM jenis Pertalite. Untuk penangkap cumi kan tidak hanya butuh Solar untuk menjalankan mesin kapal, tapi mereka juga butuh bensin untuk menghidupkan genset. Kalau enggak ada genset, mereka tidak bisa menghidupkan lampu penerangan saat malam hari untuk mencari cumi,” beber Soleh.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).

Makan di Restoran Kawasan WGM Ini Serasa Ada di Tepi Pantai

Kawasan dekat Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri ada banyak rumah makan. Salah satunya Rumah Makan Nila Kencana.