SOLOPOS.COM - Tangkapan layar aksi pencurian di minimarket Makmur di Desa Menuran, Kecamatan Baki, Sukoharjo yang terekam kamera CCTV, Jumat (1/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Seorang karyawan minimarket Makmur di Desa Menuran, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Retno, diduga menjadi korban penipuan bermodus hipnotis. Pelaku menggondol 35 bungkus rokok beragam merek senilai Rp875.000.

Kasus pencurian di minimarket yang terletak di pinggir Jalan Baki-Gatak itu terjadi pada Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 19.00 WIB. Aksi pencurian yang dilakukan pelaku terekam kamera closed circuit television (CCTV) yang dipasang di pojok minimarket. Dalam rekaman kamera CCTV, tampak seorang pria sendirian masuk ke minimarket.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Pelaku awalnya memilih beragam jenis barang seperti kopi, gula, dan mi instan. Dia tampak mondar-mandir di dalam minimarket. Sesekali, pelaku mengajak bicara Retno yang tengah berjaga di meja kasir. Kala itu, pelaku sudah memasukkan beragam jenis barang ke dalam keranjang dan diletakkan di meja kasir.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pelaku datang mengendari mobil Toyota Avanza warna hitam. Sesaat sebelum masuk mengucapkan salam Assalamualaikum. Saya terus-terusan diajak bicara dan seperti tidak sadar dan menuruti kemauan pelaku,” kata karyawan minimarket Makmur, Retno, saat ditemui Solopos.com, Jumat (1/7/2022).

Beberapa saat kemudian, pelaku meminta Retno untuk mengambilkan rokok beragam merek di rak. Retno lantas melayani permintaan pelaku dengan mengambil 35 bungkus rokok beragam merek. Puluhan bungkus rokok itu dimasukkan ke dalam kantung plastik.

Baca juga: Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Berdalih rumahnya tak jauh dari minimarket, pelaku langsung bergegas keluar minimarket dan masuk ke dalam mobil. Pelaku lantas tancap gas melarikan diri ke arah Gatak. “Saat kejadian, kondisi minimarket sepi. Tidak ada pengunjung. Sebenarnya, ada dua karyawan yang berjaga di minimarket. Namun, teman saya sedang keluar. Jadi hanya saya sendirian di minimarket,” ujar dia.

Beberapa menit setelah pelaku kabur, karyawan lainnya masuk ke minimarket. Kala itu, Retno baru sadar telah ditipu pelaku yang menggondol puluhan bungkus rokok bergam merek. Dia tak habis pikir lantaran pelaku nekat melakukan pencurian di minimarket yang dipasangi empat kamera CCTV.

Kapolsek Baki, AKP Ahmad Jaelani, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setaywan, meminta pemilik atau karyawan minimarket/swalayan meningkatkan kewaspadaan pada malam hari. Aparat kepolisian juga mengintensifkan patroli keliling ke kawasan pertokoan maupun menyusuri jalan perdesaan yang rawan terjadi aksi kejahatan.

Baca juga: Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya