SOLOPOS.COM - Ilustrasi ( thinkstock)

( thinkstock)

JAKARTA--Pada kondisi tertentu seseorang bisa jadi gampang atau mudah marah. Jika tidak menemukan alasannya, ada kemungkinan kondisi yang gampang marah ini akibat tubuh kekurangan cairan atau minum.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para peneliti dari University of Connecticut’s Human Performance Laboratory menemukan dehidrasi ringan bisa mengubah suasana hati seseorang, tingkat energi dan juga fungsi mentalnya. Salah satu gejala yang muncul adalah tiba-tiba merasa emosi atau mudah sekali marah.

Selain itu peneliti juga menemukan dehidrasi ringan terutama pada perempuan yang masih muda bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan sulit berkonsentrasi, serta ia harus berjuang keras untuk menyelesaikan tugas yang sederhana.

Sedangkan di sisi lain, yang terjadi pada laki-laki umumnya mengalami kesulitan dalam melakukan tugas mental terutama yang berhubungan dengan kewaspadaan dan memori, serta kecemasan dan ketegangan. Hasil studi ini sudah dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition.

“Untuk perubahan suasana hati lebih banyak terjadi pada perempuan, jika mengalami ini sebaiknya istirahat dan minum segelas air,” ujar penulis studi Harris Lieberman, seperti dikutip dari HuffingtonPost, Selasa (20/3/2012).

Lieberman menuturkan dehidrasi ringan disini adalah kehilangan 1,5 persen dari volume air di dalam tubuh dan kondisi ini sebenarnya bisa dialami oleh semua orang, baik pada pekerja kantoran yang hanya di depan komputer atau pelari maraton.

“Umumnya sinyal rasa haus tidak akan muncul ketika ia mengalami 1-2 persen dehidrasi, sehingga banyak orang yang tidak menyadari kondisi ini dan nantinya berdampak pada pikiran serta tubuh,” ungkapnya.

Dehidrasi terjadi bila tubuh kehilangan atau berkurangnya cairan dalam tubuh, kondisi ini mengganggu keseimbangan mineral seperti garam dan gula yang nantinya berdampak pada fungsi atau kerja tubuh.

Banyak penelitian yang mencoba merekomendasikan asupan cairan harian, tapi hal ini bervariasi tergantung beberapa faktor seperti individu, usia, iklim dan fisik. Namun secara umum asupan air yang sehat adalah sekitar 1,2-2 liter (6-8 gelas) per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya