Tutup Iklan

KEKERINGAN WONOGIRI : Pemkab Beri Rp1 Miliar untuk Perbaiki Jaringan Listrik Luweng Songo Pracimantoro

KEKERINGAN WONOGIRI : Pemkab Beri Rp1 Miliar untuk Perbaiki Jaringan Listrik Luweng Songo Pracimantoro

SOLOPOS.COM - Operator air Luweng Songo, Pracimantoro, Wakiman, memperbaiki kabel di luweng, Jumat (29/9/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Kekeringan Wonogiri, perbaikan jaringan listrik Luweng Songo dianggarkan Rp1 miliar.

Solopos.com, WONOGIRI — Sumber mata air Luweng Songo di Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, memiliki potensi besar untuk mengatasi kekeringan tahunan di Wonogiri bagian selatan, khususnya di beberapa desa wilayah Pracimantoro.

Karenanya, Pemkab Wonogiri memberikan perhatian khusus untuk pengembangan Luweng Songo. Kepala Desa Sumberagung, Suyono, mengatakan tahun depan Pemkab menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk perbaikan Luweng Songo.

Dana tersebut rencananya untuk pembenahan jaringan listrik. “Saat ini ada kendala jaringan listrik. Pompa sudah ada dua unit, saya kira sudah cukup. Tiang-tiang kabel di sini kecil-kecil dan perlu dibenahi,” ujarnya ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya, jaringan listrik dan jaringan pipa luweng merupakan dua hal yang sangat vital. Jaringan perpipaan menurutnya sudah bagus sehingga tinggal memperbaiki jaringan listrik yang sudah ada.

Dia tidak ingin kendala jaringan listrik di Gua Paseban terjadi di Luweng Songo. Menurutnya, Gua Paseban sumber airnya terbatas, tidak sebesar Luweng Songo.

Beberapa waktu lalu, sumber mata air Gua Paseban tidak bisa mengaliri sejumlah dusun di Sumberagung karena kerusakan pada jaringan listrik. “Gua Paseban saat ini jaringan listriknya mengalami masalah sehingga pengairan air macet. Tiang-tiangnya roboh. Nanti kalau ada dana lagi giliran jaringan listrik di Gua Paseban yang akan kami perbaiki,” ucapnya.

Salah satu operator pengangkatan air Luweng Songo, Wakiman, mengatakan Gua Paseban digunakan untuk pengairan di beberapa dusun di bagian atas. Sedangkan Luweng Songo untuk sejumlah dusun di bagian bawah Desa Sumberagung.

Saat ini, Luweng Songo juga digunakan untuk mengairi desa lain, yakni Petirsari. Desa terdekat lainnya seperti Joho dan Gambirmanis juga bakal dibuatkan jaringan perpipaan dari Luweng Songo.

“Debit air di Luweng Songo sama besarnya baik saat musim kemarau maupun musim penghujan,” jelas Wakiman.

Potensi Luweng Songo untuk mengatasi kekeringan di wilayah Pracimantoro disadari betul oleh Buapti Wonogiri, Joko Sutopo. Bahkan, orang nomor satu di Wonogiri itu sempat menyusuri Luweng Songo, bulan lalu.

Dalam berbagai kesempatan, dia menyampaikan persoalan kekeringan tidak cukup hanya dengan bantuan air bersih. Dia mencanangkan pembangunan embung dan penarikan air dari sumber mata air yang ada, salah satunya Luweng Songo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jalani Isolasi Mandiri, BCL Merasakan Sejumlah Gejala Covid-19

BCL merasakan sejumlah gejala saat hari ketiga karantina.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik Rumah Sakit & Faskes

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, dan mencegah pemadaman listrik, khususnya tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Rating TV Indonesia: Tayangan Sinetron Masih Digemari

Tayangan sinetron sepertinya masih mendominasi rating TV Indonesia.

Selamat! Wali Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LH dan Kehutanan

Maidi menuturkan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini diberikan karena Kota Madiun dianggap berhasil menata kota dengan memperhatikan lingkungan.