KEKERINGAN WONOGIRI : Debit Air 7 Waduk Menyusut

 Debit air di Waduk Krisak, Selogiri, mulai menyusut akibat musim kemarau, Selasa (26/5). Menyusutnya air waduk itu membuat pengelola waduk menerapkan sistem buka tutup pintu air untuk irigasi pertanian. (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Debit air di Waduk Krisak, Selogiri, mulai menyusut akibat musim kemarau, Selasa (26/5). Menyusutnya air waduk itu membuat pengelola waduk menerapkan sistem buka tutup pintu air untuk irigasi pertanian. (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Kekeringan Wonogiri mengancam. Musim kemarau yang baru saja terjadi beberapa pekan membuat tujuh waduk mulai menyusut.

Solopos.com, WONOGIRI — Musim kemarau baru berlangsung beberapa pekan. Namun, debit air tujuh waduk untuk irigasi di Wonogiri mulai menyusut. Pemkab meminta petani berhemat dalam pemakaian air.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala Bagian (Kabid) Pengairan Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Juwarso, mengatakan di Wonogiri ada tujuh waduk yang dikelola Pemkab. Tujuh waduk itu yakni Nawangan di Kecamatan Giriwoyo), Songputri (Eromoko), Plumbon (Eromoko), Parangjoho (Eromoko), Kedung Uling (Eromoko), Krisak (Selogiri), dan Ngancar (Batuwarno).

“Tujuh waduk itu dibangun untuk mengairi lahan pertanian seluas 4.142 hektare,” ujar Juwarso saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (26/5/2015).

Dia mengatakan air di tujuh waduk itu saat ini mulai menyusut akibat musim kemarau. Surutnya air itu terjadi sejak tiga pekan lalu. Namun, berapa jumlah penyusutan air di tujuh waduk itu belum terdata.

“Berkurangnya air di tujuh waduk di Wonogiri itu membuat penjaga pintu waduk mulai menerapkan sistem bergilir dalam pengairan lahan pertanian,” kata dia.

Dia mengatakan pola tanaman padi di Wonogiri sudah diatur sedemikian rupa untuk mengantisipasi gagal panen akibat musim kemarau. Pola tanam di Wonogiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Wonogiri yakni padi dan palawija.

“Selama SK itu dipatuhi petani, kami pastikan tidak sampai terjadi gagal panen,” ujar Juwarso.

Dia mengatakan pada musim tanam (MT) II ini umur tanaman padi rata-rata 20 hari sampai 30 hari. Pada umur itu tanaman padi membutuhkan banyak air sehingga petani diminta selalu berkoordinasi dengan petugas penjaga waduk untuk pengaturan air.

“Pengalaman tahun lalu meskipun masuk musim kemarau pada MT II, petani masih bisa panen. Tahun ini kami optimistis petani bisa panen,” papar dia.

Dia mengakui berdasarkan pengalaman tahun lalu, pada MT III banyak petani yang nekat menanam padi dengan alasan lebih menguntungkan daripada palawija. Petani yang nekat menanam padi itu akhirnya gagal panen.

Penjaga pintu Air Waduk Krisak Selogiri, Aris Sasono, mengatakan ketinggian air di Waduk Krisak berkurang dalam tiga pekan terakhir. Jika sebelumnya ketinggian air masih 12,70 meter dari dasar waduk, sekarang berkurang jadi 11,33 meter. Berkurangnya ketinggian air itu memengaruhi debit limpasan air menjadi hanya 216 meter kubik (m3) per detik.

“Air di Waduk Krisak mengairi lahan pertanian di empat desa yakni Nambangan, Jendi, Pule, dan Jaten. Kami terpaksa menerapkan sistem bergilir untuk irigasi pertanian selama lima hari setelah debit air menyusut,” papar dia.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17, Bima Sakti Tekankan Soal Mental Pemain

      Bima Sakti menekankan soal mental kepada pemain jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022.

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Pemakaman Jenazah Buronan MIT Poso Tanpa Keluarga dan Kerabat

      Pemakaman yang berlangsung setelah proses autopsi oleh tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS) tidak dihadiri keluarga maupun kerabat dari buronan MIT Poso Askar.

      Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Kesehatan Lesti Kejora setelah Diduga Alami KDRT

      Kuasa hukum Lesti Kejora, Sandy Arifin, mengungkapkan saat ini masih fokus pada kondisi kesehatan istri Rizky Billar itu.

      Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

      Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

      Jadi Calo Penerimaan Bintara Polri, Briptu Bagas Dipecat

      Briptu Bagas terbukti melakukan perbuatan tercela dan mencoreng nama baik institusi Polri karena menjadi calo penerimaan anggota Polri.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Liga 3 Jateng: PSISa Salatiga Target Curi Poin di Kandang Persibat Batang

      PSISa Salatiga akan bentrok dengan Persibat Batang dalam lanjutan Liga 3 Jateng di Stadion Moh Sarengat, Batang, Minggu (2/10/2022).

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Bali United vs Persikabo 1973: Sama-Sama Tanpa Skuat Terbaik

      Bali United FC vs Persikabo 1973 tidak bias memainkan skuat terbaik pada pekan 11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Brutal, Pemandu Karaoke Sunan Kuning Semarang Dikeroyok Rekan Seprofesi

      Aksi pengeroyokan dilakukan tiga pemandu karaoke atau PK Sunan Kuning Semarang terhadap satu rekan seprofesinya.

      Aldila Sutjiadi: Nyesek Banget Rasanya

      Perjalanan Aldila Sutjiadi di ITF Womens World Tennis Tour di Austin, Texas, Amerika Serikat, terhenti di babak kedua.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

      Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.