SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Menghadapi musim kemarau dan kemungkinan Kesulitan air Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman masih andalkan sumur bor di tiga titik wilayah Prambanan.

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral Dinas SDAEM Sleman, Fauzan Darmadi, Kamis (12/6/2014) mengatakan Dinas Sumber Daya Air, Energi, dan Mineral (SDAEM) Kabupaten Sleman telah membuat sumur bor di wilayah Prambanan sejak dua tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sumur bor dibuat di bagian bawah, sehingga harus dialirkan ke rumah warga yang berada di atas bukit,” katanya menerangkan.

Topografi wilayah Prambanan, diakui Fauzan menyulitkan pengambilan air tanah meski sudah menggunakan pompa listrik. Namun, ketersediaan air di dalam sumur bor dia nilai masih mampu mencukupi kebutuhan warga.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Julisetiono Dwi Wasito mengungkapkan tahun ini pihaknya memasang jaringan listrik di Dusun Jasem dan Grogol. Tujuannya tak lain agar warga dapat menggunakan pompa air untuk mengambil air dari sumur bor.

Tahun sebelumnya, pemasangan jaringan listrik juga dilakukan di Dusun Bleber, Desa Sumberejo, Prambanan.

“Kami akan optimalkan sumur bor yang sudah dibuat di tiga sumber itu,” kata Juli.

Di samping jaringan listrik dan sumur bor, jaringan pipa pun sudah diberikan ke wilayah langganan kekeringan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), lanjut Juli, akan mengkaji sumber air tanah di wilayah Prambanan.

“Kajian itu belum selesai, jadi kita belum tahu sumur yang ada di sana bisa bertahan sampai berapa tahun,” papar Juli.

Alternatif upaya penanggulangan kekeringan di wilayah Prambanan juga sudah disampaikan ke pemerintah DIY. Juli mengatakan pemerintah DIY sudah mewacanakan pembuatan waduk di wilayah perbukitan Prambanan. Sayangnya, Juli mengakui hingga kini wacana itu belum ada tindak lanjutnya. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya