SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Hujan tak kunjung datang, warga Pati gelar Salat Istiqa

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Ratusan warga dari beberapa desa di Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (21/9/2015), menggelar shalat Istisqa di lapangan desa setempat sebagai salah satu upaya untuk memohon hujan kepada Allah SWT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain diikuti warga, shalat tersebut juga diikuti para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan di kecamatan setempat.

Shalat yang dipimpin oleh ulama setempat, Kiai Ridwan itu, dimulai pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan khotbah yang disampaikan Kiai Zuhdi.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam khotbah tersebut, Kiai Zuhdi mengingatkan umat muslim untuk memperbanyak membaca istigfar, karena umat manusia tidak pernah lepas dari khilaf.

“Kemarau panjang yang berdampak pada krisis air menjadi bahan introspeksi bagi semua pihak untuk memperbaiki diri,” ujarnya.

Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gabus Syaifullah mengungkapkan shalat “Istiska” merupakan permintaan dari warga di sejumlah desa.

Ritual dan doa bersama itu tidak hanya melibatkan kalangan nahdliyyin, tetapi juga umat Islam secara keseluruhan.

Shalat Istisqa, kata dia, merupakan perintah agama ketika terjadi kemarau panjang yang diawali dengan puasa selama tiga hari.

“Kita juga perlu memperbanyak istigfar agar permohonan meminta hujan dikabulkan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Meskipun sebagian masyarakat masih bisa menikmati air bersih, kata dia, tidak ada salahnya jika memohon hujan agar tidak ada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Salah seorang warga Desa Gabus, Achmad Wahid, mengungkapkan musim kemarau pada 2015 berdampak besar bagi masyarakat.

Selain berlangsung lama, kata dia, krisis air bersih juga semakin meluas, bahkan hampir seluruh desa di Gabus mengalami kesulitan serupa sehingga menjadi keprihatinan bersama.

Ia menganggap musim kemarau 2015 lebih parah dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena sebelumnya tidak sampai shalat Istisqa sudah turun hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya