SOLOPOS.COM - Personel Polres Sukoharjo menyalurkan bantuan air bersih di wilayah Sukoharjo bagian selatan, Selasa (9/8/2022). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Ratusan keluarga di wilayah selatan Kabupaten Sukoharjo membutuhkan bantuan air bersih lantaran kekeringan akibat kemarau beberapa waktu terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Polres Sukoharjo terus mengirim bantuan untuk mereka.

“Senin [8/8/2022] kemarin sudah droping, hari ini juga sudah droping. Droping air sampai hari ini ada 10 tangki,” jelas Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (9/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan bantuan itu diberikan kepada warga Dukuh Tugusari, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, sebanyak delapan tangki. Sementara dua tangki lainnya diberikan kepada Madrasah Ibtidaiah Muhammadiyah Pundugrejo Tawangsari.

Masing-masing tangki berkapasitas 8.000 liter air. Dia mengatakan jumlah bantuan air bersih untuk warga yang mengalami kekeringan dan krisis air di wilayah selatan Sukoharjo akan terus ditambah atau tidak tergantung permintaan warga.

“Untuk permintaan [pengiriman bantuan untuk esok hari] saat ini belum ada. Droping tetap sesuai kebutuhan warga,” katanya. BPBD Sukoharjo juga menggandeng pihak lain guna mencukupi pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah selatan itu.

Baca Juga: Bantu Air Bersih di Bulu, Polres Sukoharjo Gunakan Mobil Water Canon

Di antaranya Polres Sukoharjo yang turut menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah daerah. “Hari ini Polres Sukoharjo bekerja sama dengan beberapa perusahaan pengiriman air bersih, menyalurkan bantuan air bersih kepada saudara-saudara kita yang saat ini mengalami kekeringan,” kata Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Mobil Water Canon

“Mudah-mudahan bantuan air bersih ini nanti dapat bermanfaat dalam membantu untuk kehidupan saudara-saudara kita,” imbuhnya. Kapolres menjelaskan sejumlah wilayah di bagian selatan Sukoharjo sering kekeringan maupun krisis air bersih saat kemarau.

Wilayah tersebut yaitu Weru, Bulu, dan Tawangsari. Masyarakat mendapatkan bantuan air bersih di antaranya warga Desa Kamal, Kecamatan Bulu, warga Karangmojo Kecamatan Weru.

Baca Juga: 60 KK di Bulu Sukoharjo Mulai Kekeringan, Butuh 8.000 Liter Per 3 Hari

Tak hanya itu warga Desa Pundungrejo dan Watubonang di Kecamatan Tawangsari juga mendapat bantuan air bersih itu. “Bantuannya satu tangki mobil water canon dengan kapasitas 6.000 liter, kemudian dengan tiga mobil tangki kapasitas masing-masing 8.000 liter. Total ada 30.000 liter,” jelas Kapolres.

Dengan total 30.000 liter air bersih itu ditargetkan dapat mencukupi kebutuhan 250 keluarga yang terdampak kekeringan. Sebelumnya Polres Sukoharjo telah menyalurkan air bersih di Kecamatan Bulu.

Saat ini target Polres Sukoharjo meluas ke Kecamatan Weru, Kecamatan Tawangsari, dan Kecamatan Bulu, tergantung permintaan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya