SOLOPOS.COM - Ilustrasi air (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com,WONOGIRI -- Kekeringan sudah melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Wonogiri bagian selatan. Warga Wonogiri pun membeli air bersih dengan harga Rp150.000 per satu truk tangki.

Daerah Wonogiri selatan yang rawan kekeringan saat musim kemarau adalah Kecamatan Paranggupito, Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Giritontro, dan sekitarnya. Camat Paranggupito, Wonogiri, Sulistyani, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (8/8/2020), mengatakan warganya sudah membeli air bersih sejak dua bulan terakhir.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Wuhuu... UNS Solo Masuk 5 Besar Kampus Peraih Dana Program Kreativitas Mahasiswa

Menurutnya, sejak Juni 2020 lalu, hujan tidak turun sehingga ketersediaan air warga habis. "Rata-rata memang sudah mulai beli, terutama warga Desa Gendayakan. Truk tangki pengangkut air bersih sudah keluar-masuk di daerah tersebut," ungkap Sulistyani.

Untuk harganya, dia mengatakan tidak naik maupun turun meski ada pandemi Covid-19. Untuk jarak dekat satu truk tangki dihargai Rp150.000. Sedangkan untuk jarak jauh Rp160.000 hingga Rp170.000 atau tergantung jaraknya.

Air bersih tersebut berasal Pracimantoro dan Giritontro, Wonogori. "Setiap warga mempunyai [tempat] penampungan air berbeda-beda. Satu tangki air bisa habis dalam kurun waktu yang berbeda-beda juga. Karena jumlah anggota keluarga tidak sama," ujar Sulistyani.

Seratusan Keluarga Dari Dua Desa di Sukoharjo Sudah Krisis Air Bersih, Butuh Uluran Tangan!

Sulistyani meyakini jika pembangunan sumber mata air atau pengangkatan air bersih Banyu Towo dan Sumber Waru selesai, masalah kekeringan dapat diatasi. "Kemungkinan September sudah selesai proses pembangunannya," kata dia.

Pracimantoro

Kasus serupa juga terjadi di Kecamatan Pracimantoro. Sebagian warga di kecamatan bagian selatan Wonogiri itu sudah membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Camat Pracimantoro, Warsito, mengatakan saat ini ada lima dusun di dua desa yang warganya sudah membeli air bersih. Warga Wonogiri membeli air bersih satu tangki dengan harga Rp125.000 hingga Rp130.000. Tidak ada kenaikan harga dibandingkan tahun lalu.

Safari Politik Putri Woelan dari Solo ke Jakarta Demi Cari Dukungan Maju Pilkada 2020

Air bersih tersebut rata-rata dibeli dari daerah Suci, salah satu desa di Pracimantoro, Wonogiri. "Jadi tidak dari luar daerah belinya. Karena di desa lain ada sumber air yang mencukupi," kata Warsito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya