SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kekeringan Jawa Tengah antara lain terjadi di Temanggung.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, memberikan bantuan air bersih kepada warga di daerah kekeringan di Desa Tlogopucang, Temanggung, Senin (3/8/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Kapolres Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto di Temanggung, Senin.

Puluhan warga di Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, dengan antusias membawa sejumlah jerigen untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Kapolres mengatakan memasuki musim kemarau ini di sejumlah daerah di Kabupaten Temanggung mengalami kesulitan air bersih sehingga perlu dibantu untuk mencukupi kebutuhan air bersih tersebut.

Ia menuturkan untuk menentukan tempat yang mendapat bantuan air, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Temanggung.

“Bantuan air bersih ini sebagai rasa empati kami kepada masyarakat yang kekurangan air bersih,” katanya.
Ia mengatakan untuk sementara Polres Temanggung menyediakan air 10 tangki yang didistribusikan secara bertahap.

Warga Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Sriyatun mengatakan desanya mengalami kekeringan dalam satu bulan terakhir.

Ia menuturkan dari 10 sumber air yang ada hanya satu sumber air yang masih mengalir dengan debit air sangat kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono mengatakan wilayah yang mengalami krisis air bersih di kabupaten Temanggung mencapai 28 dusun di lima kecamatan yakni Kandangan, Kaloran, Candiroto, Jumo, dan Kedu.

Ia menuturkan setiap hari BPBD mendistribusikan 10 tangki air bersih di 10 titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya