SOLOPOS.COM - Ilustrasi waduk. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Kekeringan Jawa Tengah mengancam setiap tahun. Pemerintah mengantisipasi dengan pembangunan waduk.

Solopos.com, JAKARTA — Mengantisipasi kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Waduk Logung di Kudus. Awalnya, pemerintah menargetkan waduk pembangunan waduk seluas 119 hektare ini rampung pada 2018, tetapi dipercepat menjadi pertengahan hingga akhir 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengungkapkan pihaknya mempercepat target pembangunan tersebut setelah meninjau langsung lokasi beberapa hari yang lalu. Menurutnya, waduk ini merupakan salah satu dari 13 waduk prioritas yang dibangun tahun ini, dan diharapkan mampu memperluas jaringan irigasi menjadi 5.200 hektare, dari yang sebelumnya 2.500 hektare.

“Kalau Waduk Logung itu termasuk 13 waduk yang ingin dibangun 2015 ini. Kecepatan [pengerjaan proyeknya] bagus jadi saya minta dipercepat. Target 2018 kita coba percepat kalau tidak pertengahan, maka akhir 2017,” ujarnya seusai menghadiri rapat koordinasi Strategi Mitigasi Kekeringan 2015 & Persiapan 2016 dengan Kementerian Pertanian, Kamis (13/8/2015).

Dia mengatakan percepatan proyek pembangunan Waduk Logung ini merupakan salah satu strategi mitigasi kekeringan yang akan dilakukan tahun depan bersamaan pembangunan Embung Coyo dan Tirto di Semarang. Sementara tahun ini, pihaknya akan berfokus pada pembangunan Suplesi Dumpil di Kabupaten Grobogan, serta memulai pembebasan tanah untuk pembangunan Embung Coyo dan Tirto.

Pembangunan waduk, ujar dia, menjadi penting karena kekeringan lahan pertanian biasanya terjadi pada daerah dengan sistem irigasi yang tidak memiliki waduk, biasanya masih mengandalkan embung, bendung, atau aliran sungai tanpa sistem penyimpanan. Sayangnya, data dari Kementerian PUPR menyebutkan, dari total 7.145.168 hektare luas sawah beririgasi di Indonesia, hanya 0,06% atau sekitar 548 hektare yang telah memiliki waduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya