SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan kemanusiaan PMI. (JIBI/Semarangpos.com/istimewa)

Kekeringan Jawa Tengah juga dirasakan warga di sejumlah desa di Pekalongan yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Sebanyak 1.815 keluarga dari empat desa di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat kemarau panjang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko di Pekalongan, Selasa (11/8/2015), mengatakan bahwa sebanyak 1.815 keluarga mengalami dampak kekeringan sehingga mereka sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sejauh ini, memang masyarakat masih bisa mencari air bersih di sumber air tertentu. Hanya saja memang langka dan jika pun ada mereka harus menempuh jarak yang relatif cukup jauh,” katanya.

Menurut dia, 1.815 keluarga tersebut terdiri atas 995 keluarga di Desa Purworejo, 300 keluarga di Desa Klunjukan, dan 20 keluarga di Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi, serta 300 keluarga di Desa Pantianom, Kecamatan Bojong.

“Adapun, sebanyak tiga desa di Kecamatan Sragi dan satu desa di Kecamatan Bojong mengalami kekeringan. Warga yang berada di daerah tersebut kini kesulitan mencari air bersih,” katanya.

Menurut dia, cuaca panas yang terjadi selama ini mengakibatkan debit air sungai menurun sehingga resapan-resapan air sungai menuju sumur warga sangat sedikit.

“Untuk mencukupi kebutuhan rumah warga terhadap air bersih, mereka harus rela mencari sumber mata air yang masih bisa digunakan untuk keperluan memasak maupun minum,” katanya.

Ia mengatakan BPBD segera melakukan dropping air bersih pada empat desa tersebut setelah pengajuan proposal disetujui.

“Rencananya mulai minggu depan dropping air bersih segera kita lakukan untuk membantu warga mengatasi kesulitan air bersih. Kami berharap pada warga dapat bersabar dan bisa menggunakan ai bersihr sehemat mungkin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya