SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Kekeringan di DIY menyebabkan dua daerah mengeluarkan status siaga darurat kekeringan

Harianjogja.com, JOGJA-Dua kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta pada musim kemarau ini telah berstatus siaga darurat kekeringan, kata Staf Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Enaryaka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Upaya meminimalkan kesulitan air bersih yang dirasakan warga pun akan segera diusulkan ke tingkat nasional,” kata dia, Minggu (23/8/2015).

Dua kabupaten itu adalah Kabupaten Bantul dan Kulonprogo.

“Syarat minimal siaga kekeringan yakni satu kabupaten. Dua kabupaten sudah cukup, maka kemudian kami ajukan ke Gubernur DIY,” kata Enaryaka.

Menurut dia, pengajuan perubahan status ke Gubernur DIY sudah dilakukan belum lama ini untuk kemudian diteruskan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Rencananya Rabu [26/8/2015] atau Kamis [27/8/2015], akan diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB],” kata dia.

“Bencana kekeringan ini memang sudah banyak dirasakan masyarakat. Tidak hanya di Kabupaten Kulonprogo dan Bantul saja. Namun, juga termasuk Gunungkidul dan Sleman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya