SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kekeringan Boyolali, masih ada 60 desa yang krisis air bersih.

Solopos.com, BOYOLALI–Sebanyak 60 desa di empat kecamatan di Boyolali masih mengalami krisis air bersih meskipun sudah masuk musim penghujan.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali masih membuka lebar penerimaan bantuan air bersih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Purwanto, mengatakan sebanyak 60 desa itu berada di Kecamatan Musuk, Juwangi, Wonosegoro, dan Kemusu. Rata-rata per kecamatan ada 15 sampai 17 desa yang masih mengalami krisis air bersih.

“Bantuan air bersih di 60 desa itu sampai sekarang masih berlangsung,” ujar Purwanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (30/11/2015).

Purwanto mengatakan bantuan air bersih tidak hanya mengandalkan dana dari APBD tetapi juga dari perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di wilayah Soloraya.

Ia mengatakan kondisi tanah di empat kecamatan itu mengandung kapur dan lumpur sehingga meskipun sudah masuk musim penghujan kondisi air sumur masih berwarna putih. Air sumur milik warga benar-benar bersih kalau musim penghujan berlangsung selama tiga sampai empat bulan.

“Kami masih berharap ada bantuan lebih banyak air bersih yang masuk ke Boyolali. Pemkab tidak bisa hanya mengandalkan dana dari APBD,” kata dia.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kesejahteraan Umum Bidang Kemasyarakatan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Jateng II Surakarta, Krishartono, mengatakan Bakorwil masih memberikan bantuan air bersih kepada daerah kekeringan di Soloraya. Daerah yang masih diberi bantuan air bersih adalah Boyolali, Sragen, Wonogiri.

“Hujan yang terjadi sejak awal November di Boyolali belum merata sehingga wajar masih ada daerah yang mengalami krisis air,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya