SOLOPOS.COM - Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Anti Kekerasan Seksual melakukan deklarasi dukungan terhadap RUU PKS di Semarang, Kamis (27/8/2020). (Semarangpos.com-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Anti Kekerasan Seksual Jawa Tengah (Jateng) mendesak pemerintah segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual atau RUU PKS.

Mereka menilai pencabutan RUU PKS dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2020, beberapa waktu lalu, dianggap sebagai langkah mundur dalam upaya penegakan keadilan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami mendesak DPR supaya memasukkan kembali RUU PKS ke dalam Prolegnas 2021 pada bulan Oktober nanti,” ujar Koordinator Jurnalis Anti Kekerasan Seksual Jateng, Aninda Putri, Kamis (27/8/2020).

Siap-Siap Ya, Karanganyar akan Denda Warga yang Malas Pakai Masker

RUU PKS sebenarnya sudah masuk Prolegnas sejak 2016 lalu. Meski demikian, tahun ini DPR mengeluarkannya dari Prolegnas dengan alasan sulitnya pembahasan.

Anin menilai alasan DPR itu tidak masuk akal. Terlebih lagi, kasus kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan seksual di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Modusnya semakin beragam, tapi payung hukum tidak kunjung disahkan,” ujarnya.

Toyota Corolla Tipe SUV Meluncur di Jateng, Simak Harganya…

Berdasarkan Catatan Tahunan Komnas Perempuan, selama 2019 tercatat ada 431.471 kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Jumlah itu meningkat dibanding tahun 2018 yang mencapai 406.178 kasus, tahun 2017 dengan 348.446 kasus, dan tahun 2016 mencapai 259.150 kasus.

Sementara itu, berdasar data lembaga Legal Resource Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM), kasus kekerasan terhadap perempuan di Jateng cukup tinggi.

LRC-KJHAM mencapat selama 2013-2019 terdapat 2.468 kasus kekerasan terhadap perempuan. Sementara, kasus kekerasan seksual dialami 2.591 perempuan di Jateng.

Pabrik Plastik di Salatiga Terbakar, 7 Mobil Damkar Dikerahkan

 

Korban Kekerasan Seksual

Sepanjang 2020 ini LRC-KJHAM telah mendapat laporan 70 kasus kekerasan terhadap perempuan. Dari jumlah itu, 53 perempuan di antaranya menjadi korban kekerasan seksual.

Salah satu anggota Jurnalis Anti Kekerasan Seksual Jateng, Jamal Abdul Nashr, mengatakan data-data tersebut menunjukkan betapa miris dan rentannya kasus kekerasan seksual dan kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia, termasuk di Jateng.

"Inilah yang membuat kami tergerak untuk turut mendukung pengesahan RUU PKS,” ujarnya.

Indahnya Curug Silawe, Tempat Mandi Para Bidadari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya