SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekerasan seksual terhadap remaja (aycu33 webshots)

Kekerasan seksual terhadap perempuan yang masih tinggi disoroti oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) LRC-KJHAM.

Semarangpos.com, SEMARANG — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Legal Resource Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) menilai tingkat kejahatan seksual dan kekerasan terhadap perempuan di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi. Dari data yang diperoleh LRC-KJHAM selama November 2015-Juni 2016 tercatat ada 413 perempuan di Jateng yang mengalami tindak kekerasan, di mana 87% di antaranya juga menjadi korban kekerasan seksual.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada 213 kasus kekerasan terhadap perempuan yang kami temukan di Jateng dalam kurun delapan bulan terakhir. Kasus yang paling banyak adalah pemerkosaan, yakni sebanyak 75 kasus,” ujar Direktur LRC-KJHAM, Dian Puspitasari, saat dijumpai Semarangpos.com di Kantor LRC-KJHAM, Jl. Kauman Raya No 61, Pedurungan, Semarang, Senin (25/7/2016).

Dian berharap dengan tingkat kejahatan yang masih tinggi itu, pemerintah bisa lebih pedulu dalam memberikan perlindungan hukum bagi korban kekerasan seksual. Adanya Perpu No 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dinilai belum mampu memenuhi kebutuhan akan korban kekerasan seksual yang dialami perempuan, yang mayoritas masih di bawah umur.

“Perpu Kebiri itu dibuat hanya untuk menimbulkan efek jera kepada pelaku, bukan untuk memberikan perlindungan kepada korban. Bagaimana kebutuhannya pascajadi korban, belum terjawab,” imbuh Dian.

Disinggung tentang kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dalam menangani kasus kekerasan seksual, Dian mengaku cukup berkomitmen. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesepakatan antara Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dengan pihak kepolisian dalam menuntaskan kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak di bawah umur.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya