SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Johannesburg — Korea Utara memang kalah dari Brasil. Namun kekalahan itu hanya dalam persoalan jumlah gol saja. Selebihnya, kekalahan ini tidak berefek besar bagi Chollima.

Korut dikalahkan Brasil 1-2 dalam laga yang berlangsung Rabu (16/6) dinihari WIB. Meski kalah negara yang beribukota di Pyongyang tersebut berhasil memaksa tim Samba untuk bekerja keras.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Korut memang kalah. Namun kekalahan itu hanya sebatas dalam aspek skor saja. Secara keseluruhan, pertandingan ini justru semakin melipatgandakan spirit mereka.

“Tim Brasil sangatlah kuat dan meski kami gagal menang, saya menilai anak buah saya sudah melakukan tugasnya dengan benar. Kami kini lebih percaya diri dan saya pikir kami bisa lebih baik lagi di dua partai berikutnya,” kata pelatih Kim Jong Hun seperti dikutip dari AFP.

Kekuatan mental Korut itu tercermin dari semangat mereka yang tak menyerah meski sudah ketinggalan 0-2 dan mampu mencetak satu gol di menit akhir pertandingan. “Sebagai pelatih, saya sangat gembira ketika pemain saya berhasil mencetak gol ke gawang tim kuat seperti Brasil.”

“Tujuan kami adalah menang, tapi saya tetap senang terlepas dari hasil akhir laga ini. Kami bermain bagus dan mencetak gol. Saya bangga kepada pemain,” tambah Kim.

Ini merupakan penampilan pertama Korut di Piala Dunia setelah absen selama lebih dari empat dasawarsa. Selain itu, keberhasilan tim berjuluk Chollima merepotkan juara dunia lima kali juga patut mendapatkan apresiasi.

Tidak ada rasa inferior ketika para penyerang negara peringkat 106 dunia, atau yang terendah di antara kontestan World Cup 2010 ini, harus beradu lari dan beradu fisik dengan bek-bek kelas dunia seperti Lucio. Tidak ada pula keraguan dari para pemain bertahan Korut saat harus menghadapi serbuan pemain-papan atas macam Kaka dan Robinho.

“Semangat di ruang ganti tetap positif. Kami tak kecewa karena kami masih punya harapan. Menghadapi tim kuat seperti Brasil, kami telah melakukan tugas dengan baik dan kami berkata pada diri kami sendiri: ‘mari kita lanjutkan permainan seperti ini di dua laga berikutnya’,” imbuh gelandang An Yong-hak di Reuters.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya