Peserta Kejurnas Time Rally putaran 4 berfoto bersama dengan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Sabtu (16/11/2019). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO -- Sebanyak 30 peserta mengikuti Kejuaraan Nasional Time Rally putaran 4 yang berlokasi di Ponorogo.

Rute hari pertama, Sabtu (16/11/2019), para pereli ini melaju di wilayah di sekitar kota Ponorogo, kemudian menuju daerah Pulung, kemudian berbelok ke Jenangan, lalu menuju Telaga Ngebel. Garis finis ada di Pendapa Agung Kabupaten Ponorogo.

Kejurnas Time Rally 2019 Putaran 4 di Ponorogo ini diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja sama dengan Pemkab Ponorogo.

Ada beberapa pertimbangan yang mendasari IMI memilih Ponorogo sebagai tempat kejurnas ini. Kabiro Rally IMI, Juli Putra, mengatakan Ponorogo dipilih karena memiliki potensi wisata yang sangat besar. Sebelumnya, reli dilaksanakan di Kalimantan Selatan, Lombok, dan DI Yogyakarta.

Putra menuturkan selain memiliki wisata kesenian dan budaya, Ponorogo juga kaya potensi wisata alam.

"Beberapa waktu lalu saat kami bertemu Bupati Ponorogo ternyata program IMI yang ingin mengangkat pariwisata Indonesia ini sejalan dengan program Pemkab Ponorogo yang sedang giat mengangkat potensi pariwisata di daerahnya," kata dia dalam siaran pers yang dikutip Solopos.com, Minggu (17/11/2019).

Putra menuturkan reli ini diharapkan mampu menghidupkan usaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak di bidang pariwisata. Peserta juga diminta untuk berbelanja dengan nilai tertentu untuk membeli cenderamata dan makanan ringan yang dijual di lokasi wisata.

Peserta juga diwajibkan untuk berswafoto di lokasi-lokasi wisata yang ditentukan panitia. Peserta wajib mengunggahnya di akun media sosial pribadi peserta dengan menggunakan tanda pagar yang telah ditentukan.

"Ini menjadi ajang promosi sampai ke dunia internasional," kata Putra.

Dia menilai para peserta reli ini tampak puas dengan medan dan tantangan yang disuguhkan. Ponorogo dianggap layak untuk menjadi lokasi kejurnas reli tahun depan.

Kejurnas Time Rally 2019 Putaran 4 di Ponorogo ini terbagi dalam dua hari pelaksanaan. Pada hari pertama rutenya dari Pendapa Agung menuju Telaga Wisata Ngebel dan kembali ke Pendapa Agung Ponorogo. Sedangkan di hari kedua rutenya dari Pendapa Agung Ponorogo menuju Ngrayun dan kembali ke Pendapa Agung Ponorogo.

Kepesertaan kejurnas ini juga dibagi menjadi dua, yaitu peserta kejuaraan pada hari pertama dan peserta kejuaraan serta peserta fun rally pada hari kedua.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan kegiatan ini membantu mempromosikan wisata Ponorogo. Ada berbagai lokasi wisata yang dilewati para peserta reli ini.

"Kegiatan ini terselenggara setelah ada permintaan dari IMI yang ternyata sejalan dengan agenda pembangunan pariwisata di Ponorogo," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten