SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dok)

Solopos.com, SOLO – Kejurnas Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah XVI telah resmi berakhir di GOR Manahan, Solo, Minggu (24/8). Kontingen asal Jawa Timur tampil sebagai juara umum dalam ajang yang diikuti sebanyak 300-an atlet itu, setelah menjadi kolektor medali terbanyak serta mengumpulkan poin tertinggi.

Jumlah torehan medali tim Jatim,yakni empat emas, sembilan perak dan empat perunggu, sebenarnya masih kalah mentereng dengan milik Jateng, yang sukses menggondol enam emas, lima perak dan tiga perunggu. Namun, berdasarkan aturan yang berlaku di kejuaraan Tapak Suci, di mana juara ditentukan berdasarkan jumlah nilai keseluruhan dari medali yang dikumpulkan, maka Jatim dinyatakan tampil sebagai pemenang.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Kalau di event lain, juara ditentukan dari jumlah medali emas terbanyak, maka di sini ditentukan dengan jumlah poin keseluruhan.
Setiap medali yang diperoleh diakumulasikan, dengan ketentuan emas mendapat 100 poin, perak; 50 poin dan perunggu; 25 poin,” ujar ketua Panpel Kejurnas, Roni Syaifulloh, saat dijumpai wartawan di GOR Manahan, seusai kejuaraan.

Dengan ketentuan itu, maka Jatim sukses mengumpulkan poin 950 dan menempati urutan pertama. Sementara, Jateng berada di urutan kedua, dengan nilai 925 poin dan Kontingen DIY, dengan torehan delapan emas dan dua perunggu atau 850 poin, berada di posisi ketiga.

Salah strategi
Sementara itu, salah satu pelatih Jateng, Indro Catur, sedikit kecewa dengan kegagalan timnya menyabet gelar juara umum, terlebih saat tampil di depan publiknya sendiri. Meski demikian, ia sadar kekalahan timnya lebih dikarenakan aturan yang berlaku dan bukan karena prestasi.

“Kami salah strategi. Jika tahu aturannya seperti ini, tentunya kami akan menggunakan strtegi yang berbeda untuk menang,” beber Catur. Meski kalah, Catur mengklaim puas dengan pencapaian para pesilatnya. Terlebih tim Jateng mampu memenuhi target yang dicanangkan sebelumnya, yakni lima emas.

Apalagi enam emas yang diperoleh Jateng itu, lima di antaranya dihasilkan dari nomor tanding. Kelima nomor tanding yang mampu dirajai oleh Jateng, yakni kelas B putra atas nama Bangun Novembria, Alih Yutika Ananda di kelas A putri, Ulyva Kurniawati di kelas D putri dan nomor beregu bebas putra dan putri. Sementara satu emas lainnya diperoleh Jateng dari nomor seni, lewat Hanif Al Dillathof di kelas tunggal tangan kosong.

“Secara keseluruhan kami cukup unggul di nomor tanding. Bahkan kami mampu mengantarkan salah satu pesilat kami, yakni Bangun Novembria sebagai pesilat terbaik di sektor putra. Sedang pesilat terbaik di kelompok putri diraih Wida Wijaya dari Kaltim,” tegas Catur.

Daftar Perolehan Medali Kejurnas Tapak Suci Putera Muhammadiyah XVI
No      Kontingen       Emas    Perak   Perunggu        Nilai
1       Jawa Timur      4       9       4       950
2       Jawa Tengah     6        5      3       925
3       DI Yogyakarta   8       0       2       850
4       DKI Jakarta     1       5       6       500
5       Kalimantan Timur        3       1       5       475
6       Riau    2       1       6       400
7       Jawa Barat      0       3       7       325
8       Sumatera Utara  1       0       3       175
9       Lampung         1       0       1       125
10      Banten  0       1       3       125

Pesilat terbaik nomor tanding
*Putra: Bangun Novembria (Jateng)
*Putri: Wida Wijaya (Kaltim)
Pesilat terbaik nomor seni
*Putra: Ari Yulianto (tunggal senjata/DI Yogyakarta)
*Putri: Yeni Hendriyanti (tunggal tangan kosong/Jabar)
Kontingen terfavorit: Riau

Sumber: Panpel Kejurnas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya