Tutup Iklan
Atlet petanque asal Solo, Rahardian Sukma Firmansyah (dua dari kiri) menerima medali perak dan piagam dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque di Tabanan, Bali, Sabtu-Minggu (29-30/12/2018). (Istimewa-Eko Sunarto)

Solopos.com, SOLO - Atlet petanque asal Solo, Rahardian Sukma Firmansyah menorehkan prestasi membanggakan saat dirinya mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque di Tabanan, Bali, Sabtu-Minggu (29-30/12/2018). Siswa kelas IX SMPN 14 Solo itu meraih juara I di nomor triple open dan juara II di nomor shooting putra.

Kejurnas bertajuk Year End Petanque Open Competition tersebut diikuti para atlet dari berbagai provinsi seperti Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DIY. Kontingen Jateng yang berangkat berjumlah sembilan orang yang terdiri atas empat putra dan lima putri.

Setelah melalui pertandingan sengit, Rahardian berhasil meraih juara I pada nomor triple open. Ia maju bersama Muh. Muhbin (Purworejo) dan Abriyanto Nabil Kusuma(Semarang) dengan memakai nama tim Bogowonto. Mereka mampu mengungguli Tim Badung 5 yang merupakan tim tuan rumah.

Sementara untuk nomor perorangan, Rahardian berhasil menyabet juara II nomor shooting putra. Pada babak final, Rahardian harus mengakui keperkasaan Muhammad Andika Mahardika Putra asal DKI Jakarta.

Sebenarnya Kota Bengawan mengirimkan dua atlet dalam kejurnas tersebut. Selain Rahardian, Solo juga mengirim Tidak Fitri Nurirjaya. Namun, perjuangan Fitri yang maju pada nomor triple putri terpaksa kandas di babak qurter final.

Ofisial Tim Petanque Solo, Eko Sunarto, mengatakan prestasi tersebut sebagai prestasi membanggakan yang diraih putra daerah. Menurutnya, petanque memang menjadi cabang olahraga (cabor) yang belum begitu populer sehingga masyarakat prestasi itu diharapkan dapat mengedukasi masyarakat.

“Semoga prestasi ini memacu masyarakat untuk ambil bagian sebagai atlet petanque dan memberikan prestasi untuk mengharumkan Kota Solo di berbagai kancah,” tutur Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Solo tersebut kepada Solopos.com, Rabu (2/1/2018). 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten