SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Publik Soloraya tak boleh melewatkan aksi atlet papan atas dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) XVII Panjat Tebing 2018 yang bakal digelar di kompleks Solo Sport Climbing Center, Stadion Manahan, Rabu-Minggu (27/11-2/12/2018). Deretan atlet yang membela Indonesia di Asian Games 2018 seperti Aries Susanti Rahayu, Aspar Jaelolo, Sabri hingga Alfian M. Fajri dipastikan tampil di Kejurnas.

Salah satu duel yang layak dinanti adalah persaingan antara Aspar Jaelolo dan Sabri. Dalam Kejurnas 2017 yang digelar di Yogyakarta, kedua atlet nasional itu menampilkan laga seru di babak semifinal kategori speed world record perorangan putra. Saking ketatnya persaingan, duel itu bahkan harus diulang hingga tiga kali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Catatan waktu mereka pun hanya selisih tipis. Sabri akhirnya menang dengan catatan waktu 5,953 detik, sedangkan Aspar 6,099 detik. Sabri pun melaju ke final dan mengalahkan atlet Solo, Alfian M. Fajri, untuk merebut gelar juara.

Dalam sesi latihan yang digelar Selasa (27/11/2018), Aspar maupun Sabri tampak sudah beradaptasi dengan sejumlah rintangan di venue. Aspar sendiri beberapa kali menunjukkan kecepatannya memanjat meski baru memasuki sesi latihan. Sabri mengakui Aspar Jaelolo masih menjadi saingan berat di kejurnas tahun ini.

Namun dia juga mewaspadai rekannya yang juga berlaga di Asian Games 2018 seperti Veddriq Leonardo dan Alfian M. Fajri. Bermain di kampung halaman sendiri, Alfian tentu punya semangat lebih untuk membayar kegagalan tahun lalu. “Atlet nonpelatnas juga tak bisa diremehkan. Saya akan tampilkan yang terbaik untuk mempertahankan gelar,” ujar Sabri kepada wartawan di Stadion Manahan.

Sementara itu, Aspar Jaelolo siap all out dalam kejuaraan untuk memperbaiki prestasi musim lalu. Senada Sabri, atlet DKI Jakarta ini tak menampik persaingan bakal semakin ketat di kejurnas tahun ini. “Kemampuan atlet makin merata, terutama untuk atlet nasional,” kata dia.

Technical Delegate Kejurnas XVII, Rudy F., mengatakan total ada 211 atlet dari 25 provinsi yang akan tampil di Kejurnas. Setiap harinya mereka akan memperebutkan medali dalam 18 nomor yang dipertandingkan. Acara pembukaan Kejurnas rencananya akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, serta pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pusat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya