SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebanyak 88 atlet baik lokal maupun internasional turun pada kejuaraan “The 1st Merdeka International Open Regatta dan Kejurnas Layar Single Handed 2014” di Ancol Beach City Jakarta, 16-17 Agustus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain dari Indonesia, atlet yang turun pada kejuaraan internasional yang pertama kali digelar oleh Gemma Tirta yang bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) juga diikuti atlet dari Malaysia dan Jepang.

“Meski baru pertama kali digelar, pesertanya luar biasa. Dari 16 pengurus provinsi. Selain itu ada beberapa peserta dari mancanegara,” kata Ketua Umum Porlasi Djoko Pramono di sela pembukaan kejuaraan internasional yang juga rangkaian HUT RI ke-69 di Ancol, Jakarta, Sabtu (16/8/2014).

Menurut dia, banyaknya peserta yang turun pada kejuaraan ini menunjukkan jika perkembangan salah satu cabang olahraga air itu mulai ada peningkatan. Dengan kondisi ini diharapkan bisa berjalan sejajar dengan prestasinya.

“Provinsi termuda kita yaitu Kalimantan Utara juga sudah mengirimkan atletnya. Ini menunjukkan mereka ingin memperlihatkan kemampuan terbaiknya,” katanya menambahkan.

Djoko Pramono menjelaskan, pada kejuaraan internasional yang digelar bersamaan dengan kestrels itu mempertandingkan tiga nomor yaitu optimis untuk usia 8-14 tahun. Nomor laser atau usia 14-17 dan win surfing untuk usia 17 keatas.

“Di layar tidak ada istilah junior senior. Mempunyai kelas sendiri-sendiri dan dipertandingan setiap kejuaraan multi event seperti Asian Games hingga olimpiade,” katanya menegaskan.

Mantan petinggi di TNI AL ini menambahkan, dengan banyaknya peserta yang turun pada kejuaraan ini diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet potensial dan selanjutnya mampu mengharumkan nama bangsa dikancah internasional.

“Semoga dengan adanya kerja sama dengan EO bisa meningkatkan frekuensi kejuaraan khusus layar ini. Ini sangat penting untuk pembinaan,” kata Kejuaraan layar ini juga disambut dengan antusias oleh atlet yang juga pelatih layar Oka Sulaksana. Atlet papan atas Indonesia menilai kegiatan ini sangat menguntungkan bagi atlet-atlet muda yang ingin menambah jam terbang.

“Ini sangat bagus. Semoga dengan banyaknya kegiatan akan memunculkan atlet-atlet potensial,” katanya.

Sementara itu pihak Gamma Tirta selaku EO, Kumbakarna mengatakan, dengan adanya kerja sama dengan pihak Porlasi, pihaknya berencana mengelar kejuaraan ini secara berkesinambungan minimal satu tahun sekali dan bertepatan dengan HUT RI.

“Kami ingin terus memberikan dukungan. Semoga banyak yang berminat lagi dalam membina dan memberikan kesempatan atlet untuk berlomba dikancah internasional,” katanya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya