Tutup Iklan
KEJURNAS KARATE SEMAR CUP 2013: UNS Siap Beri Kejutan
Tiga karateka UNS tampil di nomor kata beregu pada Kejurnas Karate Antar Mahasiswa Sebelas Maret Cup VIII di Sritex Arena Solo, Jumat (22/3). Kerjunas Karate yang berlangsung hingga Minggu (24/3) diikuti 80 perguruan tinggi se-Indonesia. JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

SOLO –Tim karate tuan rumah, UNS siap memberi kejutan di Kejurnas Karate bertajuk Sebelas Maret Cup VIII (Semar Cup VIII) di GOR Sritex Arena, Jumat-Minggu (22-24/3). Lima dari 27 atlet andalan tuan rumah yang diharapkan mampu meraih medali emas, yakni Garuda Mahameru (-55 kg), Aji Kurnia (-67 kg), Mutia (-55 kg), Nadia Imaniar (-50 kg), Anik Yuliani (-50 kg).

Tiga karateka UNS tampil di nomor kata beregu pada Kejurnas Karate Antar Mahasiswa Sebelas Maret Cup VIII di Sritex Arena Solo, Jumat (22/3). Kerjunas Karate yang berlangsung hingga Minggu (24/3) diikuti 80 perguruan tinggi se-Indonesia. JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

Pelatih Karate UNS, Muh Hanif Arbai, mengatakan seluruh karatedo UNS siap tempur di kejuaraan bergengsi universitas itu. Tim tuan rumah mengandalkan karatedo muda di ajang ini.

“Kami tak ada target khusus di ajang ini. Tapi, kami siap memberikan kejutan. Persaingan di Kejurnas ini sangat ketat. Kami bakal berusaha untuk meraih prestasi di kejuaraan ini,” katanya saat ditemui wartawan di GOR Sritex Arena Solo, Jumat (22/3).

Muh Hanif menyebutkan grafik perkembangan karatedo dari berbagai universitas di Indonesia mengalami peningkatan cukup pesat. Pesaing kuat tuan rumah berasal dari UNY, Unhas dan beberapa universitas terkenal lainnya.

“Di sini, kami menggunakan karatedo usia transisi. Artinya, dari junior ke senior. Semoga, kejutan yang kami harapkan benar-benar menjadi kenyataan,” katanya.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan Kejurna kali ini diikuti 80 perguruan tingi (PT) di Indonesia. Kejuaraan yang digelar tiap dua tahun sekali ini telah memberikan andil luar biasa bagi perkembangan karate di Tanah Air.

“Dari UNS akan memberikan beasiswa bagi atlet berprestasi, yakni berupa pembebasan SPP,” katanya.

Ketua PB Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI), Hendardji Soepandji, mengapreasi gelaran karate tingkat nasional ini. Diharapkan, setiap peserta dapat meningkatkan tali persaudaraan sekaligus dapat bertanding secara sportif dan menjunjung semangat kebersamaan serta kejujuran.

“Ini bisa menjadi wadah membangun potensi anak bangsa,” katanya.

Sebanyak 15 nomor yang dipertandingkan di kejuaraan ini, yakni kata beregu putra-putri, kata perorangan putra-putri, kumite beregu putra-putri, kumite perorangan putra (-55 kg, -61 kg, -67 kg, -75 kg, -84 kg, +80 kg, bebas), kumite perorangan putri (-48 kg, -53 kg, -60 kg, +60 kg, bebas). Setiap pemenang di kejuaraan ini diproyeksikan dapat mengikuti kejuaraan antarmahasiswa tingkat Asia Tenggara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho