SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Harianjogja.com, JOGJA-Hari kedua Kejuaraan Nasional Catur Piala Raja terus bergulir. Persaingan antara pecatur unggulan Indonesia mulai memanas di akhir babak ketiga. Beberapa kejutan juga terjadi di kejurnas yang digelar di GOR Amongraga ini.

Di kelompok utama, babak ketiga yang berlangsung Jumat (27/12/2013) memberikan sejumlah kejutan. Dua pemegang gelar Grand Master (GM), GM Cerdas Barus dan GM Ardiansyah masih mampu bertahan di deretan atas pemegang poin tertinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun Ardiansyah sedikit tercecer setelah ditahan remis oleh Master Percasi (MP) Emas Fajar dalam pertandingan ketiga. Akibatnya Ardiansyah harus memulai babak keempat dengan koleksi 2,5 poin.

Sementara Cerdas masih melaju tanpa hambatan dan mengemas kemenangan sempurna dari tiga babak yang telah dilalui. Selain dua GM, posisi-posisi teratas masih dihuni oleh para pemegang master termasuk sederet Master Internasional, Nasional dan master Wanita. Namun kejutan berhasil diberikan oleh pecatur non master unggulan Bantul, Kahfi Maulana.

Pecatur muda ini berhasil bertahan di jajaran atas setelah bertahan menang dan mengemas tiga poin penuh dan akan bersaing dengan peserta bergelar Master di babak selanjutnya.

Sesuai jadwal, babak lanjutan Piala Raja akan ters digelar hingga Minggu (29/12) besok. Total sembilan babak catur klasik dengan waktu berpikir 1,5 jam untuk masing-masing pecatur dilangsungkan untuk menemukan pecatur terbaik yang berhak membawa pulang Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Secara keseluruhan, sebanyak 470 pecatur mengikuti turnamen ini. Mereka dibagi ke dalam empat kelompok termasuk kelompok open dan U17 putra dan putri.

Jumlah peserta itu menurut ketua wasit Piala Raja, Jumariyanto sudah mengalami penyesuaian. Sebelumnya jumlah peserta lebih banyak namun beberapa Master yang mendaftar mengundurkan diri sehingga pihaknya harus menata ulang daftar peserta.

“Sudah kami sesuaikan ulang karena kalau tidak begitu pemasangan lawan akan timpang dan jadi kurang adil,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya