SOLOPOS.COM - Latihan pembalap road race di Manahan, Solo, Jumat (26/6/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Kejurda balap motor akan digelar di Solo. Sebanyak 150 pembalap siap tampil di kejuaraan tersebut.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 150 pembalap dari berbagai daerah akan mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Balap Motor yang bertajuk King of Battle Road Race & Matic Race 2015 Seri II. Balapan itu akan digelar di Sirkuit Manahan Solo, Minggu (26/7/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara, Sabtu (25/7/2015), menurut Ketua Pengurus Kota Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Surakarta, Lilik Kusnadar, Kejuaraan Daerah Balap Motor tersebut merupakan ajang mencari bakat pembalap bibit baru untuk mendukung tim Jawa Tengah (Jateng).

Menurut Lilik Kusnandar, dari deretan pembalap yang akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Daerah Balap Motor Seri II di Solo tersebut, tidak ada nama pembalap nasional tim Jateng yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016.

Lilik Kusnandar mengatakan Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng telah menyiapkan enam pembalap di Kejuaraan Daerah Balap Motor di Solo untuk memburu tiket ke babak utama pada PON 2016 mendatang.

Menurut dia, enam pembalap Jateng tersebut di antaranya pembalap asal Solo, Agus Setiawan, Irvan Ardiansyah dari Kabupaten Semarang, Ardy Satya Sadarm dari Purworejo, Haidar Maulana dari Kendal, Pradana Bobby dari Kebumen dan M. Ervin dari Pekalongan.

“Enam pembalap ini dipastikan absen mengikuti lima kelas utama pada Kejuaraan Daerah Balap Motor Seri II di Solo ini,” kata Lilik.

Para pembalap tim Jateng tersebut, sejak Januari 2015 telah difokuskan untuk mempersiapkan diri menghadapi PON 2016 yang akan digelar di Sirkuit Karting Sentul Oktober mendatang.

Namun, pembalap asal Solo, Agus Setiawan, kemungkinan bisa berpartisipasi mengikuti Kejuaraan Daerah Balap Motor King of Battle Road Race & Matic Race Seri II di Solo yang merebutkan hadiah mobil dan uang total sebesar Rp60 juta.

Lilik Kusnandar mengatakan, pada Kejuaraan Daerah Balap Motor seri Solo akan diperlombakan lima kelas utama, yakni Matic Standard 115 cc Open, Matic Tune Up 130 cc Open, Matic Tune Up 150 cc, Bebek Empat Tak Tune Up 115 cc Open, dan Bebek Empat Tak Tune Up 130 cc Open.

Meski hanya Kejuaraan Daerah Balap Motor, tetapi panitia penyelenggara memperbolehkan semua pembalap dari luar Provinsi Jateng ikut berpartisipasi.

Kejuaraan Balap Motor King of Battle Road Race & Matic Race tersebut digelar lima seri. Pada seri pertama digelar di Pekalongan, Februari lalu, seri kedua di Solo, ketiga di Pati, keempat di Semarang dan terakhir di Kabupaten Tegal.

Menurut Lilik selain poin yang diperebutkan, semua pembalap yang juara akan mendapatkan hadiah kejuaraan mencapai Rp60 Juta.

“Pembalap asal Jateng yang mengumpulkan poin terbanyak akan mendapatkan hadiah sebuah mobil,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya dengan Kejurda Balap Motor tersebut berharap dapat memancing para pembalap Jateng untuk lebih berprestasi baik di tingkat nasional dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya