SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Harianjogja.com, SOLO—Puluhan atlet dari delapan negara akan mengikuti turnamen bulu tangkis Indonesia Open Parabadminton Championship 2014 di GOR Sritex Arena Solo, mulai dari 11 hingga 13 Juni mendatang.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun di Solo, Jumat, mengatakan bahwa delapan negara yang sudah memastikan mengirimkan atletnya, baik putra maupun putri, yakni Polandia, Singapura, India, Hong Kong, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan tuan rumah Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Senny Marbu, turnamen cabang olahraga bulu tangkis untuk paralympian tersebut digelar yang pertama kali di dunia dan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Ekspedisi Mudik 2024

“Turnamen single event ini digelar yang pertama dengan tujuan selain mencari atlet bulu tangkis berbakat, juga agar cabang olahraga itu, dapat dipertandingan pada tingkat Paralympic 2020 di Tokyo, Jepang,” katanya, Jumat (6/6/2014).

Indonesia dalam turnamen tersebut, kata dia, selain sebagai tuan rumah dan juga pelopor perkembangan olahraga bulu tangkis untuk orang-orang berkebutuhan khusus ini.

Ia menjelaskan bahwa pada turnamen akan diikuti sekitar 50 pebulu tangkis, antara lain Polandia mengirimkan satu atlet putra, Singapura (dua), India (delapan), Korsel (dua), Thailand (lima), Hong Kong (lima), Malaysia (11), dan tuan rumah Indonesia (16).

Pada turnamen Indonesia Open Parabadminton Championship 2014 tersebut akan mempertandingan enam nomor, baik putra maupun putri, antara lain kategori kelas “Wheelchair” atau kursi roda, “Lower”, dan “Upper”.

“Pada standing hanya ada di kelas lower dan juga upper. Kelas lower khusus untuk difabilitas di bagian kaki, sedangkan di upper untuk disabilitas bagian tangan,” katanya.

Pihaknya dalam turnamen tersebut mempunyai misi besar untuk mengembangkan olahraga bulu tangkis difabel di Indonesia. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya