SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kejuaraan Taekwondo bakal diselenggarakan di Solo.

Solopos.com, SOLO — Pengkot Taekwondo Kota Solo kembali menggelar kejuaraan antar dojang atau tempat latihan se-Soloraya bertajuk Solo for Merah Putih V 2016 di Auditorium Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Minggu (28/2/2016). Turnamen ini untuk tingkat pemula, pra-junior, dan junior, demi mencari bibit taekwondoin muda.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Ajang ini akan diikuti oleh sekitar 650 taekwondoin muda yang berasal dari dojang di Soloraya. Antara lain, dojang Manahan, dojang Power Sport, dojang HHH, dojang PMS, dojang SKB, dojang BMI, dojang BTC, dojang Pajang, serta sejumlah sekolah yang memiliki ekstrakurikuler taekwondo.

Event ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk mencari bibit taekwondo pemula yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti event daerah maupun nasional. Ajang ini sekaligus untuk mengetahui kemampuan dan ketrampilan setelah mereka berlatih,” papar Ketua Pengkot Taekwondo Solo, Pungki Kusuma W, kepada wartawan, Kamis (25/2/2016).

Sedangkan kelas yang dipertandingkan meliputi kelas kyorugi (tanding) dan poomsae (jurus). Sementara untuk tingkat pra-junior dibagi menjadi empat kategori. Kategori A adalah untuk usia 6-7 tahun putra dan putri. Kategori B untuk usia 8-9 tahun putra dan putri. Kategori C untuk usia 10-11 tahun putra dan putri, dan kategori D usia 12-14 tahun putra dan putri.

Sementara di level junior untuk usia 15-17 tahun terbagi menjadi tujuh kelas masing-masing putra dan putri. Di putra mulai kelas under 45 kg hingga under 68 kg. Di putri mulai kelas under 42 kg hingga under 59 kg.

Di kelas poomsae putra dan putri mempertandingkan tiga kategori, yakni pemula SD, pemula SMP, dan pemula SMA. Di pemula SD terbagi menjadi empat, yakni sabuk kuning-kuning strip, sabuk hijau-hijau strip, sabuk biru-biru strip, dan sabuk merah atau merah strip. Sementara di kategori pemula SMP dan SMA terdiri empat sabuk, yakni sabuk kuning-kuning strip, sabuk hijau-hijau strip, sabuk biru-biru strip, dan sabuk merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya