SOLOPOS.COM - Tontowi/Lilyana Jadi Andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2015 (Badmintonindonesia.org)

Kejuaraan Dunia 2015 akan digelar 10 Agustus mendatang. Hasil undian tidak menguntungkan. Namun, ganda campuran tetap menjadi andalan.

Solopos.com, JAKARTA — Sektor ganda campuran bulu tangkis masih menjadi andalan Indonesia, termasuk di Kejuaraan Dunia 2015 yang akan digelar 10 Agustus 2015 di Istora Senayan, Jakarta.  Juara Dunia 2013, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir adalah senjata utama tim ganda campuran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Kamis (30/7/2015), menurut pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, hasil undian Kejuaraan Dunia 2015 tak terlalu menguntungkan untuk tim ganda campuran Indonesia. Tiga wakil berkumpul di pool atas, hanya Riky/Richi yang menghuni pool bawah.

Tontowi/Liliyana, Praveen/Debby dan Edi/Gloria akan bertarung bersama lawan-lawan yang cukup berat di pool atas, seperti  Zhang Nan/Zhao Yunlei, dari Tiongkok dan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, dari Denmark di Kejuaraan Dunia 2015.

“Hasil undiannya memang kurang menguntungkan, hampir semua wakil Indonesia berkumpul di pool atas. Tetapi tak menutup kemungkinan akan ada kejutan,” ujar Richard Mainaky.

Menurut Richard, Praveen/Debby memang mendapatkan posisi yang kurang menguntungkan. Apabila ingin memenuhi target meraih medali, maka mereka harus minimal mencapai babak semifinal Kejuaraan Dunia 2015. Namun, jalan Praveen/Debby tidak mudah, tiket semifinal hanya dapat mereka raih apabila mampu menumbangkan Nielsen/Pedersen yang merupakan unggulan kelima dan Zhang/Zhao yang menjadi unggulan pertama.

“Kami menargetkan Praveen/Debby untuk meraih medali, jadi paling tidak mereka harus bisa ke semifinal. Kami berharap Praveen/Debby bisa menjegal pasangan-pasangan unggulan dan bertemu Tontowi/Liliyana di semifinal. Untuk Riky/Richi dan Edi/Gloria, fokus utama di turnamen ini mengumpulkan kemenangan sebanyak-banyaknya agar bisa meraih poin. Akan tetapi, mereka juga bisa saja membuat kejutan,” jelas Richard.

Sementara itu, Tontowi/Liliyana yang diunggulkan di tempat ketiga, mendapat bye di babak pertama Kejuaraan Dunia 2015. Artinya mereka bisa menyimpan tenaga dan tak bertanding di babak pertama. Pasangan asal Hong Kong, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah, diperkirakan akan menjadi lawan yang merepotkan di babak 16 besar.

Pasangan Indonesia ini pernah dikalahkan di Australia Open Super Series 2015 dengan skor 8-21, 21-9, 15-21. Namun, pada pertemuan terakhir di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2015, Tontowi/Liliyana membalas dengan dua set langsung dengan skor 26-24, 21-14. Skor pertemuan menjadi 4-1 untuk keunggulan Tontowi/Liliyana.

“Tontowi/Liliyana memang pernah kalah dari Lee/Chau, tetapi saya telah berdiskusi dengan Tontowi/Liliyana dan minta mereka terapkan pola main yang sesuai dan di Indonesia Open bisa menang. Tontowi/Liliyana adalah pasangan yang berpengalaman, target mereka adalah juara Kejuaraan Dunia 2015. Turnamen ini menjadi turnamen perantara menjelang Olimpiade 2016,” pungkas Richard.

Berikut ini hasil undian babak pertama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2015 khusus wakil Indonesia:
Tunggal Putra
Tommy Sugiarto vs Pablo Abian
Dionysius Hayom Rumbaka vs Kevin Cordon

Tunggal Putri
Maria Febe Kusumastuti (Bye)
Lindaweni Fanetri vs Soraya De Visch Eijbergen

Ganda Putra
Hendra/Ahsan (Bye)
Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (Bye)
Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan vs Mathew Fogarty/Bjorn Seguin
Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf vs Raphael Beck/Andreas Heinz

Ganda Putri
Greysia/Nitya (Bye)
Pia/Rizki vs Samantha Barning/Iris Tabeling
Vita/Shendy vs Eva Lee/Paula Lynn Obanana
Devi/Keshya vs Johanna Goliszewski/Carla Nelte

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Bye)
Praveen Jordan/Debby Susanto (Bye)
Riky Widianto/Puspita Richi Dili (Bye)
Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja (Bye)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya