SOLOPOS.COM - Angga/Ricky Raih Medali Emas Ganda Putra (Badmintonindonesia.org)

Kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Badminton Doubles Special Championship 2015 siap digelar.

Solopos.com, JAKARTA — Kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Badminton Doubles Special Championship 2015 yang akan mempertandingkan nomor ganda putri dan ganda campuran siap digelar. Kejuaraan yang digagas mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Candra Wijaya, itu akan digelar Rabu (29/7/2015).

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Dikutip dari Liputan6.com, Senin (27/7/2015), perkembangan prestasi ganda putri dan ganda campuran Indonesia mendapat apreasisi dari Candra Wijaya. Memasuki tahun ketujuh, kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Badminton Doubles Special Championship 2015 akan menggelar pertandingan ganda putri dan ganda campuran.

Sebelumnya, kejuaraan bulu tangkis itu hanya mempertandingkan nomor ganda putra. Turnamen itu merupakan gagasan peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 dari nomor ganda putra bersama Tony Gunawan itu.

“Ini merupakan gelaran ketujuh setelah enam kali kami mengadakan kejuaraan bulu tangkis ini. Kali ini, kami sengaja memasukkan ganda putri dan ganda campuran. Diharapkan, ganda-ganda di Indonesia dapat lebih menyumbangkan prestasi dengan adanya kejuaraan seperti ini,” ujar Candra Wijaya.

Kejuaraan bulu tangkis khusus ganda itu akan diikuti enam negara seperti Belgia, Filipina, Malaysia, Jepang, Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Menurut panitia Badminton Doubles Special Championship 2015, Rosiana Tendean, total hadiah senilai Rp300 juta siap diberikan panitia penyelenggara turnamen bulu tangkis bergengsi di Indonesia itu kepada peraih gelar.

“Akan ada enam negara yang berpartisipasi,  yang menjadi unggulan adalah pasangan Belgia karena mereka memiliki reputasi di dunia bulu tangkis,” ucap Rosiana Tendean.

Sementara itu, pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, cukup puas dengan keputusan Candra mengikutsertakan ganda campuran dan ganda putri di kejuaraan bulu tangkis khusus ganda itu.  Menurutnya, hal itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi kedua nomor itu.

“Ini merupakan kali pertama ada ganda campuran dan putri di kejuaraan bulu tangkis itu. Saya sangat senang dan mengapresiasi karena sektor ganda juga menjadi salah satu andalan bulu tangkis Indonesia dalam beberapa tahun terakhir,” tutur Richard.

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Senin, pasangan ganda putra Ade Yusuf/Wahyu Nayaka berhasil meraih tiket  Kejuaraan Dunia 2015. Ade/Wahyu yang sebelumnya berada di daftar tunggu, lolos setelah pasangan Meksiko, Job Castillo/Antonio Ocegueda, batal bertanding. Ade/Wahyu akan memperkuat barisan ganda putra Indonesia, menyusul tiga pasangan lainnya.

Sebelumnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan, sudah memastikan tiket Kejuaraan Dunia 2015.

Kejuaraan Dunia 2015 akan digelar 10-16 Agustus 2015. Pengundian kejuaraan bulu tangkis itu akan digelar Selasa (28/7/2015) ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya