Kejar Target, Sleman Ajukan 245.000 Dosis Vaksin Lagi

Dinkes Sleman kembali mengajukan sebanyak 245.000 dosis vaksin ke pemerintah pusat. vaksin untuk masyarakat yang belum ikut vaksinasi.

 Ilustrasi vaksin Covid-19. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Antara)

Solopos.com, SLEMAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman kembali mengajukan sebanyak 245.000 dosis vaksin ke pemerintah pusat. Pengajuan ini diperuntukkan untuk masyarakat yang belum vaksinasi.

Kabid Penanggulangan Penyakit Dinkes Sleman, Novita Krisnaeni menyampaikan Dinkes baru mengusulkan penambahan jumlah vaksin ke pemerintah pusat. Pengajuan sebanyak 245.000 dosis vaksin Covid-19 tersebut sasarannya terbagi untuk mahasiswa dan keluarga UGM sebanyak 25.000 dosis, perguruan tinggi lainnya di Sleman sebanyak 60.000 dosis.

“Nah untuk masyarakat umum yang kami ajukan sebanyak 160.000 dosis setiap bulannya. Ini semua kami ajukan untuk vaksinasi pertama. Tapi sampai saat ini usulan kami belum ada jawaban,” kata Ketua Pokja KIPI Sleman ini, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Sleman Catat Rekor Kematian Pasien Covid-19 Tertinggi Pada Juli, Tembus 1.390 Orang

Dinkes Sleman, kata Novita, menargetkan setiap pekan sebanyak 40.000 warga divaksin. Artinya, setiap hari rata-rata warga yang divaksin sebanyak 5.000 orang. “Begitu ada ketersediaan vaksin yang diserahkan oleh Pemerintah Pusat, langsung Dinkes Sleman laksanakan vaksinasi kembali,” kata Novita.

Pekan pertama Agustus untuk, katanya, vaksinasi sebanyak 15.400 dosis Astra Zaneca dan 1.000 dosis Sinovac diberikan kepada warga yang mendapatkan vaksin Sinovac dosis pertama bulan Juli dan AstraZeneca bulan Mei.

Kebijakan tersebut berdampak pada tertundanya pemberian vaksin untuk dosis pertama di Sleman. Termasuk vaksinasi bagi sasaran remaja, usia 12 tahun ke atas yang baru dicanangkan akhir Juli lalu. Realisasi vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun di Sleman masih jauh dari target sasaran.

“Capaian vaksinasinya baru menyasar 9.099 anak atau sekitar 9,26 persen dari jumlah sasaran sebanyak 98.285 anak. Hanya saja vaksinasi anak ini masih terkendala ketersediaan vaksin jenis Sinovac,” katanya.

Baca juga: Pasien Kabur di RS Lapangan, Pemkab Bantul Tambah Satpam

Vaksin Ketiga Nakes Sleman

Saat ini, lanjut Cahya, Dinkes menyiapkan pemberiam vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes). Vaksin jenis Moderma ini diprioritaskan bagi nakes yang menangani langsung pasien Covid-19, baik di rumah sakit maupun Puskesmas.

Nakes yang menjadi prioritas pemberian vaksin Moderma ini adalah mereka yang bekerja di bangsal isolasi, instalasi gawat darurat (IGD) dan intensive care unit (ICU) Covid-19. Sedangkana nakes yang bekerja di Dinkes maupun di tempat lain belum diberikan.

“Vaksin Moderma saat ini sudah tersedia di provinsi. Tidak semua nakes akan mendapatkan vaksin jenis ini. Termasuk pegawai Dinkes. Vaksin ini hanya diprioritaskan bagi nakes yang bekerja di rumah sakit atau puskesmas yang menangani langsung pasien Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskan Cahya, alokasi vaksin Moderma bagi para Naskes di Sleman sebanyak 890 vial. Satu vial bisa untuk 14-15 sasaran atau sebanyak 13.350 dosis. Dinkes akan memberikan vaksin Moderma kepada 90% dari 13.788 jumlah nakes di Sleman yang sudah divaksin dosis kedua atau sekitar 12.450 nakes.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.