SOLOPOS.COM - (JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan)

Harianjogja.com, JOGJA– Dana keistimewaan (Danais) 2014 termin pertama yang cair Rp130 miliar baru terserap Rp14 miliar, padahal untuk mencairkan termin kedua dana transfer pusat itu harus terserap 80% pada akhir Juli.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan alokasi danais 2014 sebesar Rp523 miliar dengan dicairkan sebanyak tiga kali. Sesuai dengan peraturan menteri keuangan, termin pertama dicairkan 25%, sedangkan termin kedua 55% atau sebesar Rp270 miliar. Adapun sisanya dicarikan pada termin ketiga.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Sampai saat ini, danais baru terserap Rp14 miliar. Nominal itu diperoleh dari data update pengelolaan keuangan secara online Rabu (18/6/2014)/ Bahkan danais Rp11 miliar yang dialokasikan ke Sleman baru terserap Rp500 juta. Beberapa pogram yang terpantau telah dijalankan di antaranya pengalokasian untuk Kraton dan Pakulaman terkait honor abdi dalem dan sayembara Penataan Malioboro.

“Sebab, kalau serapan enggak lancar akan berpengaruh pada termin selanjutnya, termin kedua ketiga bisa enggak terwujud,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya