SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja mengecat bagian depan dan atap Pagelaran Keraton Ngayogyakarta, Sabtu (14/12/2013). Sejumlah perawatan bangunan keraton menggunakan Dana Keistimewaan mulai dianggarkan. Di pengujung 2013 pengecatan pada Pagelaran Kraton Kasultanan Yogyakarta yang merupakan wajah depan Kraton Ngayogyakarta mulai dilaksanakan. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA—Kegiatan misi kebudayaan ke berbagai negara diprioritaskan untuk mengalihkan gagalnya proyek fisik yang dibiayai dana keistimewaan pada tahun ini. Misi itu di antaranya dilakukan ke Dublin (Irlandia), London (Inggris), serta Suriname.

Kepala Dinas Kebudayaan GBPH Yudhaningrat mengatakan, dalam misi kebudayaan ke Dublin dan London akan diberangkat sebanyak 27 pengrawit dan penari klasik dari Tepas Kridomardowo Kraton.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Mereka akan diberangkatkan pada 2-10 September didampingi Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Ini menyesuaikan permintaan Dublin karena di sana banyak kelompok pengrawit, tapi sulit mendapatkan pengajar,” ujarnya.

Yudha mengatakan, selama kurang lebih delapan hari itu, mereka akan menggelar workshop. Dalam pelatihan tersebut, sekaligus dilakukan peresmian hibah seperangkat alat gamalen dari Pemda DIY yang diberikan pada tahun lalu.

Sesuai dengan standar harga barang dan jasa (SHBJ), ungkap adik HB X itu, pengrawit dan penari yang diberangkatkan itu diberikan honor. “Masing-masing Rp4 juta sampai Rp7 juta per orang,” katanya.

Sedangkan di Suriname, ia mengatakan, kegiatan menindaklanjuti kerja sama kesenian yang sudah terjalin. Dalam kegiatan itu tidak hanya diberangkatkan penggiat seni, tapi juga perajin dari Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya