SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Akademi Komunitas, program kegiatan keistimewaan yang dibuka pada masa ajar 2014-2015 menggratiskan biaya kuliah menggunakan APBD DIY.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji mengatakan anggaran dari APBD yang dialokasikan untuk akademi komunitas sebesar Rp3,5 miliar untuk tahun ini, sedangkan pada tahun depan dianggarkan Rp5 miliar.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Pendidikan sementara gratis, kalau mahasiswanya banyak, beasiswa baru akan ditarik,” ungkapnya, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Prof Djoko Santosa, di Komplek Kepatihan, Kamis (5/6/2014).

Baskara mengatakan, kuota untuk tiap akademi 20 mahasiswa, karena peminatnya banyak maka seleksi dilakukan. Syaratnya, lulus SMA dan mempunyai sedikit kemampuan di bidangnya.

Dengan masa ajar satu tahun, kurikulum yang diberikan 25% teori dan sisanya praktek. Pendaftaran dapat dilakukan di Disdikpora dan sanggar.

Tahun ini baru tiga akademi dibuka yakni tari, karawitan dan kriya. Lokasinya berada di masing- masing sanggar. Untuk tari berada di Dalem Pujokusuman, sedangkan Akademi Karawitan di Singosaren, Pleret. Adapun Kriya di Bangunjiwo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya