SOLOPOS.COM - Timnas Ukraina (Twitter)

Solopos.com, KIEV — Belum genap sepekan Timnas Ukraina babak belur dihajar Prancis dengan skor 1-7 dalam uji coba di Saint-Denis, 8 Oktober.

Dua hari kemudian Ukraina giliran dihajar Jerman 1-2 dalam lanjutan UEFA Nations League. Namun siapa sangka tim asuhan Andriy Shevchenko itu justru mampu mempermalukan Timnas Spanyol di turnamen yang sama dengan skor 1-0 di Kiev, Rabu (14/10/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disperindag Sragen Tawarkan Zonasi bagi Pedagang yang Enggan Direlokasi Ke Lantai II Pasar Kota

Gol semata wayang Viktor Tsygankov di menit ke-76 mengantar Ukraina mencetak kemenangan perdana dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Spanyol. Hasil itu sekaligus mengakhiri tiga kekalahan beruntun The Main Team, julukan Timnas Ukraina, di laga internasional.

Kemenangan atas La Furia Roja kian spesial karena Ukraina tampil minus 12 penggawanya. Empat di antaranya menepi karena positif Covid-19, sedangkan sisanya mengalami cedera dan akumulasi kartu.

Bintang Timnas asal Manchester City, Oleksandr Zinchenko, menjadi salah satu pemain yang masuk gerbong cedera. Praktis kekuatan Ukraina hanya bertumpu pada striker West Ham United, Andriy Yarmolenko.

Minim Penguasaan

Namun Ukraina justru mampu keluar dari kesulitan dan mencetak gol meski terus ditekan hampir sepanjang laga. Spanyol mencatat 70% penguasaan bola dan 17 tembakan, delapan di antaranya tepat sasaran.

“Saya tak perlu mengatakan apa-apa karena pemain sudah mengatakannya dengan komitmen mereka. Ini kemenangan mereka, mereka sungguh hebat,” puji Shevchenko seperti dilansir Marca, Rabu.

Kasus Covid-19 Naik, Bupati Karanganyar Tidak Akan Batasi Aktivitas Sambil Gencarkan Operasi

Meski kalah, Pelatih Spanyol, Luis Enrique, tetap memuji anak asuhnya yang mampu menerapkan taktik dengan baik hingga mendominsi pertandingan. Dia tak risau Ansu Fati dkk. membuang banyak peluang di laga tersebut. “Bukan masalah besar jika dalam satu atau dua pertandingan kami tidak mencetak gol. Saya menyukai sikap para pemain, saya menyukai sebagian besar dari apa yang saya lihat.”

Kekalahan Spanyol membuat persaingan menuju puncak klasemen UEFA Nations League A Grup 4 kembali terbuka. Spanyol kini hanya unggul satu poin dari Jerman dan Ukraina di posisi dua dan tiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya